News

Berikut prakiraan cuaca di Tanah Air hari ini

BMKG prediksi Jakarta cerah
Suasana gedung pusat perkantoran dan bisnis di Jakarta berlatar langit Jakarta cerah berawan. ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/aa.

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca berawan akan meliputi mayoritas kota besar di Indonesia pada Selasa (27/6/2023).

Berdasarkan data yang dikutip dari laman resmi BMKG, Selasa (27/6/2023) melaporkan kondisi cuaca berawan diprakirakan terjadi di Yogyakarta, Bandung, Semarang, Palangka Raya, Bandar Lampung, Ambon, Mataram, Kupang, Jayapura, Manokwari, Makassar, Kendari, dan Manado.

Cuaca cerah diprakirakan hanya akan terjadi di Surabaya siang ini dengan suhu udara berkisar 25-34 derajat celsius.

Adapun cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Denpasar, Serang, Bengkulu, Jakarta, Gorontalo, Pontianak, Banjarmasin, Tarakan, Pekanbaru, Padang, dan Palembang.

Sedangkan, hujan ringan diprakirakan akan mengguyur sejumlah daerah seperti Jambi, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ternate, Mamuju, dan Medan pada siang hari ini.

Memasuki malam hari, cuaca berawan masih mendominasi prakiraan cuaca di kota-kota besar di Indonesia seperti di Serang, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Palangka Raya, Tarakan, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Kupang, Manokwari, Makassar, dan Padang.

Cuaca cerah diprakirakan hanya akan terjadi di Manado pada malam hari ini dengan suhu udara berkisar 24-32 derajat celsius.

Adapun cuaca cerah berawan berpotensi terjadi di Banda Aceh, Denpasar, Jakarta, Jambi, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Mataram, Jayapura, dan Kendari.

Sedangkan, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan akan mengguyur sejumlah daerah seperti Bengkulu, Gorontalo, Samarinda, Pekanbaru, dan Medan, kemudian Palembang dengan intensitas sedang, dan Mamuju dengan hujan lebat.

Meski demikian, BMKG telah mengimbau masyarakat untuk waspada potensi curah hujan tinggi dan banjir di sejumlah wilayah Indonesia.

“Tingginya curah hujan di suatu wilayah dapat meningkatkan potensi risiko banjir,” kata Pelaksana Tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan di Jakarta, Jumat (23/6).

Ia mengemukakan pada dasarian III Juni 2023 atau periode 21-30 Juni 2023, curah hujan dengan kategori tinggi hingga sangat tinggi diprakirakan terjadi di Bali bagian timur, sebagian kecil Sulawesi Selatan bagian tengah, sebagian Nusa Tenggara Timur, sebagian Maluku, dan sebagian kecil Papua Barat.

Ia juga mengimbau warga untuk mewaspadai potensi banjir di Provinsi NTT, yakni di Kabupaten Kupang dan Timor Tengah Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Shares: