News

Berkunjung ke Sumedang, Pj Bupati Aceh Besar pelajari aplikasi e-Office untuk tingkatkan PAD

Berkunjung ke Sumedang, Pj Bupati Aceh Besar pelajari aplikasi e-Office untuk tingkatkan PAD

POPULARITAS.COM – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, Rabu (8/5/2024) lakukan kunjungan kerja ke Sumedang, Jawa Barat. Saat melawat ke kabupaten tersebut, ikut mendampingi Kepala Dinas Kominfo Khairul Huda, dan Pj Ketua PKK Cut Rezky Handayani.

Di Sumedang, Pj Bupati Aceh Besar dan Kadis Kominfo mempelajari penggunaan aplikasi e-Office yang selama ini dipakai kabupaten tersebut dalam mengelola pemerintahan daerah.

Selama satu jam lebih Muhammad Iswanto mendapatkan penjelasan secara detil tentang e-Office di ruang Commad Centre Pemkab Sumedang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedan, Bambang Rianto, secara menyeluruh menjelaskan penggunaan aplikask e-office yang selama ini digunakan pemerintah daerah, seperti untuk pelayanan publik, dan aktivitas penyelenggaran urusan pemerintahan dan masyarakat.

Usai berkunjung ke Sumedang, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengungkapkan bahwa, pihaknya menaruh perhatian untuk menerapkan penggunaan aplikasi serupa.

Menurutnya, aplikasi e-office yang digunakan di Pemkab Sumedang, tidak hanya memberikan kemudahan akses multidata, namun dapat diterapkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). 

“Aplikasi itu sangat bagus. Kita akan pakai di Pemkab Aceh Besar,” katanya.

Usai mempelajari aplikasi tersebut, sambungnya, banyak hal sekali manfaatnya, seperti pendataan jumlah penduduk miskin yang dilengkapi dengan nama, kordinat rumah, foto rumah, bahkan hingga kondisi rumahnya. “Jadi jika itu nanti kita gunakan, tidak ada lagi celah manipulasi data dan status warga miskin,” sebutnya.

Hal yang lebih mengejutkan, tambahnya, penggunaan aplikasi e-office oleh Pemkab Sumedang, dapat meningatkan PAD di kabupaten tersebut hingga tembus Rp1 triliun. “InsyaaAllah, e-office akan segera kita terapkan nanti di Pemkab Aceh Besar,” imbuhnya.

Seperti diketahui, aplikasi e-Office juga akan mempermudah proses administrasi pelayanan publik sehingga pekerjaan menjadi lebih transparan dan akuntabel.

Pihaknya sangat berterima kasih atas sambutan para pejabat di Sumedang Comand Center yang telah memberikan informasi mengenai pemanfaatan e-office termasuk untuk implementasi Tanda Tangan Elektronik (TTE).

Aplikasi e-Office ini dimaksudkan untuk memfasilitasi instansi dalam pengelolaan dokumen surat menyurat dan aktivitas perkantoran secara online. Pelayanan berbasis online memang sudah sangat dibutuhkan di era perkembangan teknologi digital saat ini.

Shares: