News

Bersihkan kebun, Syafrizal warga Banda Aceh temukan bom aktif peninggalan perang masa Belada

Bersihkan kebun, Syafrizal warga Banda Aceh temukan bom aktif peninggalan perang masa Belada
Tim Jibom Brimobda Polda Aceh saat mengevakuasi mortir aktif temuan warga Pango Raya Banda Aceh, Selasa (20/6/2023) (ANTARA/HO/Humas Polresta Banda Aceh)

POPULARITAS.COM – Syafrizal, warga Ulee Kareng, Banda Aceh, tak menyangka bahwa benda keras yang Ia temukan di kebun miliknya saat dia bersihkan merupakan bom aktif peninggal perang masa Belanda.

Kapolres Ulee Kareng, Iptu Roby Afrizal, dalam keterangannya, Selasa (20/6/2023) dikutip dari laman Antara, dari keterangan Syafrizal, penemuan mortir itu berawal saat dirinya tengah mencangkul di kebunnya. 

Nah, saat itu, tiba-tiba cangkul yang Ia gunakan menghantam benda keras. Sesaat kemudian saksi meneliti dan menduga bahwa itu adalah bom. Selanjutnya yang bersangkutan melaporkan hal tersebut ke Polres Ulee Kareng.

Kemudian, sambung Kapolsek, pihaknya langsung terjun ke lokasi dan mendapati benar bahwa benda keras yang dijumpai saksi merupakan bom aktif. “Dari situ kita langsung lapor ke Kabag Ops Polresta Banda Aceh dan Unit Jibom Polda,” ujarnya.

Selanjutnya, tambah Roby, sekitar pukul 17.00 WIB tim Jibom Sat Brimobda Polda Aceh tiba di TKP untuk mengamankan bom tersebut. “Mortir bom berukuran 40 cm itu saat ini sudah dievakuasi oleh tim Jibom,” kata Iptu Roby.

Editor : Hendro Saky

Shares: