NewsSepakbola

Besok, pesepak bola kelahiran Belanda Jay Idzes diambil sumpah jadi WNI

Jay Idze saat tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu (27/12/2023). Foto: PSSI

POPULARITAS.COM – Jay Idzes, salah satu calon pemain naturalisasi akan menjalani proses pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia, Kamis (28/12/2023). Pesepak bola kelahiran Belanda itu sudah tiba di Indonesia hari Rabu (27/12/2023) sore.

“Saya sangat senang dan antusias menyambut hari esok. Akhirnya saya bisa menyelesaikan semua prosesnya. Ya, saya sangat tak sabar menunggu hari esok,” kata Jay saat tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu (27/12/2023).

Pengambilan sumpah WNI itu akan berlangsung di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta mulai pukul 08.00 WIB. Jay Idzes diwajibkan hadir mengenakan jas lengkap warna hitam, dasi merah, dan kopiah.

Sebenarnya bukan hanya Jay Idzes yang diundang untuk menjalani upacara sumpah WNI, namun juga Nathan Tjoe-A-On.

Hanya saja, pemain Swansea City itu berhalangan hadir karena masih ada urusan dengan klubnya.

Seperti diketahui, pada September 2023, pemain bernama lengkap Jay Noah Idzes dan bek klub Serie B Italia Venezia itu sudah bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Proses naturalisasi Idzes pun berlangsung singkat. Pada awal Desember ini, Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi keduanya. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

Sebelum Jay, PSSI telah merampungkan naturalisasi beberapa pemain keturunan seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner.

Shares: