News

BKSDA minta warga buat kandang untuk ternak

BKSDA minta warga buat kandang untuk ternak
Ilustrasi, harimau sumatra diberi nama Lhokbe saat dilepasliarkan di Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh, Kamis (18/8/2022). ANTARA/HO/BKSDA Aceh

POPULARITAS.COM – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menyarankan masyarakat untuk membuat kandang bagi ternak agar tidak menjadi daya tarik bagi harimau atau satwa yang dilindungi.

“Pembuatan kandang di rumah warga untuk ternak penting dilakukan. Kemudian ternak jangan dibiarkan lepas ke pinggir hutan, apalagi di hutan lindung pasti ada satwa disana,” kata Kepala BKSDA Aceh, Gunawan kepada popularitas.com, Jumat (3/3/2023).

Menurutnya, itu merupakan upaya yang dapat dilakukan masyarakat untuk menghindari ternak warga agar tidak diganggu satwa liar.

Dalam kesempatan itu, Gunawan menjelaskan bahwa pihaknya juga akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menghindari konflik antara manusia dan satwa.

Bagaimana tidak, konflik antara harimau dengan manusia selama ini memang kerap terjadi di beberapa wilayah di ujung barat Sumatera ini.

Untuk itu, ia berharap kepada masyarakat apabila ada menemui atau menjadi korban yang ternaknya dimangsa agar melaporkan kepada BKSDA atau melalui Call Center ke 085362836024.

“Jika ada aduan-aduan konflik dengan satwa ataupun peredaran satwa bisa langsung menghubungi kami atau langsung saja ke kantor,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Gunawan juga menjelaskan jika BKSDA tak menanggung kerugian jika ternak dimangsa satwa, seperti yang terjadi di Aceh Timur beberapa waktu lalu.

“Kalau dari kami tidak ada pergantian kerugian ternak kepada masyarakat, hanya saja nanti kita akan berkomunikasi dan kasih pengertian kepada mereka,” sebutnya.

Shares: