News

VRI bangun jembatan gantung sepanjang 180 meter di pedalaman Singkil

Relawan VRI saat melintasi jembatan sepanjang 180 meter di Aceh Singkil. Foto: VRI Regional Aceh

POPULARITAS.COM – Sebuah jembatan gantung di sungai Lae Cinendang yang berfungsi memutus keterisolasian warga Desa Serasan, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, telah dibangun oleh relawan Vertical Rescue Indonesia (VRI) beberapa waktu lalu.

Sebelum jembatan yang dibangun oleh VRI itu, awalnya Desa Serasah di pendalaman di Aceh Singkil merupakan kawasan yang terisolir, baik untuk pusat kecamatan maupun pusat kabupaten itu sendiri.

Pasalnya terdapat sungai dengan lebar 130 meter yang memisahkan desa tersebut dengan desa Cibubukan untuk dapat mengakses pusat kota.

Jikapun harus menggunakan jalur darat, tentunya harus menempuh jarak yang lumayan jauh mencapai 10 Kilometer lebih.

Relawan VRI yang mengerjakan pembangunan jembatan gantung dengan bentang 180 meter itu dilakukan para punggawa VRI Regional Aceh, VRI Sumut dan VRI Regional Bandung yang dibantu oleh TNI Koramil 0109-04 dan masyarakat Cibubukan dan Serasah.

Adapun sumber dana yang digunakan untuk pembangunan jembatan itu bersumber dari sumbangan donatur salah satunya Telkom.

Kegiatan VRI itu sendiri dilakukan melalui pogram ekspedisi 1.000 jembatan gantung di Indonesia.

Koordinator VRI Regional Aceh Fitriani menyebutkan, star pembangunan jembatan gantung di sungai Lae Cinendang yang berfungsi menjadi penghubung Desa Serasah dengan Cibubukan Singkil itu mulai dikerjakan pada 20 Januari 2023.

Masa pengerjaan jembatan gantung terpanjang dalam pogram “eskpedisi 1.000 jembatan gantung” itu berlangsung dalam kurun waktu satu bulan.

Di mana para punggawa VRI itu menetap di wilayah tersebut saat pelaksanaan kegiatan pembangun jembatan untuk memutus keterisolasian itu.

“Pada 19 Februari 2023 jembatan yang VRI bangun telah diresmikan langsung Mustakim Wahyudi selaku
General Manager Telkom Witel Medan dan Komandan Tim VRI Pusat, yang ikut dihadiri Sekcam Simpang Kanan, Mantan Bupati Aceh Singkil, PJ Bupati Aceh Singkil yang diwakilkan oleh Kadisbudpar Aceh Singkil, Danramil Simpang Kanan, Kepala Desa seluruh Kec. Simpang Kanan,” kata Koordinator VRI Regional Aceh, Fitriani kepada popularitas.com, Jumat (3/3/2023).

Sebelum jembatan itu dibangun awalnya warga Gampong Serasah Kecamatan Simpang Kanan Singkil itu saat hendak menuju Desa Cibubukan maupun pusat kecamatan harus menyeberangi sungai yang memiliki lebar 120 meter itu dengan menggunakan perahu robin sebagai alat transfortasi.

Bahkan anak sekolah saban hari harus melewati sungai Lae Cinendang itu untuk dapat mengenyam pendidikan.

Kini, usai jembatan itu rampung dibangun, masyarakat Serasah yang sebelum terisolir tidak lagi haru menyeberangi sungai itu, namu sudah bisa langsung melintas jembatan gantung sepanjang 180 meter itu.

Salah seorang warga Desa Serasah mengaku sangat bersyukur dengan dibangunnya jembatan gantung itu yang berfungsi sebagai penghubung desa itu dengan desa lainnya dan pusat kecamatan maupun kota.

“Warga kini sudah mudah dalam beraktifitas sehari-hari, baik mencari rezeki maupun mengantar anak-anak kesekolah,” ungkapnya.

Shares: