News

BMKG: Aceh berpotensi hujan lebat

Beberapa wilayah d Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang termasuk wilayah provinsi di Pulau Sumatera dan Kalimantan, menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
BMKG prakiraan hujan lebat melanda kota besar di Indonesia
Ilustrasi - Prakiraan cuaca berpotensi hujan. (ANTARA/Maghfur).

POPULARITAS.COM – Beberapa wilayah d Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang termasuk wilayah provinsi di Pulau Sumatera dan Kalimantan, menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan peringatan dini cuaca BMKG dikutip dari Jakarta, Rabu (29/6/2022), hujan lebat berpotensi turun di sejumlah wilayah di Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Hujan lebat diprakirakan juga terjadi pada hari ini di daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Secara khusus kota besar yang berpotensi mengalami hujan petir adalah Bengkulu, Pontianak, Banjarmasin, dan Manado pada siang hari. Hujan petir diprakirakan akan turun di Tarakan pada malam dan dini hari sementara di Samarinda pada dini hari.

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan akan turun di wilayah Riau, sedangkan Jawa Barat berpotensi mengalami angin kencang.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta diprakirakan akan mengalami cuaca cerah sepanjang siang dan malam hari ini. Sementara cerah berawan akan terjadi pada dini hari di lima wilayah kota administrasi dan Kepulauan Seribu.

BMKG juga memperingatkan wilayah di Sulawesi Tenggara masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti terjadi banjir.

Untuk kategori waspada pada hari ini adalah Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. (ANT)

Shares: