News

BMKG catat 20 gempa di Aceh-Sumut pekan ketiga Desember

Pusat Gempa Regional (PGR) I, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1 Medan mencatat sebanyak 20 kejadian gempa bumi di minggu ketiga bulan Desember 2021 di Sumatera Utara dan Aceh.
Gempa susulan M5,2 guncang wilayah Laut Banda
Ilustrasi gempa, Foto; detik.com

POPULARITAS.COM – Pusat Gempa Regional (PGR) I, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1 Medan mencatat sebanyak 20 kejadian gempa bumi di minggu ketiga bulan Desember 2021 di Sumatera Utara dan Aceh.

Peneliti PGR 1 Balai Besar MKG Wilayah I Medan , Marzuki Sinambela di Medan, mengatakan aktivitas kegempaan pada minggu ketiga di bulan Desember tahun 2021 di Aceh dan Sumatera Utara itu sebagian besar terjadi di sekitar Megathrust dan sebagian lagi di wilayah segmen besar Sumatera.

Terhitung mulai 10 sampai dengan 16 Desember 2021 data gempabumi yang terjadi di wilayah PGR 1 yang tercatat dan dianalisa yaitu sebanyak 20 kejadian dengan kekuatan gempa, magnitudo kecil dari 4.0 sebanyak 17 kejadian dan magnitudo antara 4.0 dan 5.0 sebanyak 3 kejadian.

“Kedalaman aktivitas gempa bumi umumnya dikategorikan gempa dangkal (di bawah 60 km) sebanyak 19 kejadian dan menengah (kedalaman antara 60 km sampai dengan 300 km) sebanyak 1 kejadian,” sebutnya, dikutip dari Antara, Senin (20/12/2021).

Sementara Analsisi PGR 1, Resha Ida, menjelaskan kejadian gempa bumi sepekan ini dominan terjadi di laut 11 kejadian dan tercatat 9 kejadian di darat, hal ini tentunya berbeda dengan aktivitas kegempaan minggu lalu yang dominan di darat.

“Dari 20 kejadian gempa bumi yang terjadi selama pekan ketiga Desember 2021, tidak ada kejadian gempa bumi yang dirasakan,” katanya.

BMKG tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan tidak perlu panik jika terjadi gempa. Tetap merespon dengan cepat informasi BMKG, menjaga jarak bila kondisi gempa signifikan terjadi di era pandemik.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.

Shares: