News

BMKG : Hujan lebat disertai petir akan landa Banda Aceh

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), perkirakan hujan lebat disertai petir akan terjadi di sejumlah kota di Indonesia, termasuk di Banda Aceh.
Wilayah Aceh berpotensi hujan badai disertai angin kencang dan petir
Ilustrasi petir. Foto: net

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), perkirakan hujan lebat disertai petir akan terjadi di sejumlah kota di Indonesia, termasuk di Banda Aceh.

Dari laman resminya, bmgk.go.id, Minggu (5/6/2022), selain Banda Aceh, kota lain yang akan dilanda hujan lebat disertai petir adalah Tanjung Pinang, Banjarmasin, dan Mamuju.

Sementara itu, sejumlah wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan adalah Jambi, Gorontalo, Bandung, Semarang dan Pontianak.

Selain itu, wilayah lain di Indonesia yang juga berpotensi hujan dengan intensitas ringan adalah Banjarmasin, Palangkaraya, Makassar, Medan, Serang dan juga Pekanbaru.

Wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang adalah Mataram, Kupang, Mamuju, Manado dan Palembang.

Menurut prakiraan BMKG, pada hari ini juga terdapat sejumlah kota yang kondisi cuacanya cerah berawan, yaitu Yogyakarta, Jakarta Pusat, Surabaya, Tarakan, Ambon serta Padang.

Untuk wilayah yang diprakirakan berawan adalah Kendari, Manokwari, Kota Jayapura, Ternate, Bandar Lampung, Samarinda serta Bengkulu.

Selain itu, BMKG juga memprakirakan untuk suhu di sejumlah kota besar di Indonesia pada hari ini sekitar 18 hingga 33 derajat Celcius, sedangkan tingkat kelembaban diperkirakan 55 hingga 100 persen.

Menurut informasi BMKG situasi hujan di sebagian kota besar Indonesia dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik yang terpantau di Laut Banda, Papua bagian selatan yang membentuk konvergensi memanjang di sejumlah wilayah.

Kondisi tersebut, menurut prediksi BMKG, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan juga di sepanjang wilayah konvergensi tersebut.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati terkait dengan kondisi cuaca tersebut. Selain itu BMKG juga mengajak masyarakat untuk mengikuti kondisi perkembangan cuaca dengan mengakses laman media sosial resmi milik BMKG.

Shares: