News

Warga Pulau Simeulue diminta waspadai cuaca ekstrem

Warga Pulau Simeulue diminta waspadai cuaca ekstrem

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue mengimbau warga di kabupaten kepulauan itu agar mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi menyebabkan bencana alam.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Simeulue Zulfadli, mengatakan cuaca ekstrem diprakirakan melanda kabupaten kepulauan tersebut hingga beberapa ke depan.

“Informasi dari BMKG, ada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang di beberapa wilayah di Kabupaten Simeulue,” kata Zulfadli, dikutip dari laman Antara, Selasa (24/1/2023).

Menurut dia, prakiraan hujan lebat disertai petir dan angin kencang tersebut berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Oleh karena itu, warga yang tinggal di wilayah rawan bencana serta pesisir dan pegunungan diimbau meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Jika terjadi bencana, segera melaporkan kepada pihak terkait untuk segera ditindaklanjuti.

“Nelayan untuk sementara waktu diminta tidak melaut, karena cuaca perairan Samudra Hindia yang saat ini tidak menentu dan sedang gelombang tinggi,” kata Zulfadli.

Jika tetap melaut, lanjut dia, dilakukan di pinggiran serta dekat dengan tempat berlindung karena mudah dijangkau apabila sewaktu-waktu terjadi angin kencang dan gelombang tinggi.

“Kalau melaut agar dekat dengan daratan. Kemudian, lengkapi diri dengan alat komunikasi dan juga keamanan lainnya. Segera menghindar jika melihat potensi cuaca buruk,” kata Zulfadli.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.

Shares: