News

Pesawat kecelakaan saat mendarat di Papua

Pesawat kecelakaan saat mendarat di Papua
Pesawat kecelakaan saat mendarat di Papua
Pesawat Sam Air dengan nomor penerbangan PK-SMS jenis DHC 6-300 tergelincir di Lapangan Terbang Beoga, Senin (23/1/2023). ANTARA/HO-Humas Polres Puncak

POPULARITAS.COM – Pesawat Sam Air dengan nomor penerbangan PK-SMS jenis DHC 6-300 tergelincir saat tiba di Lapangan Terbang Melawak, Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Pegunungan, Senin (23/1/2023).

Direktur Maskapai Sam Air, Wagus Hidayat mengatakan, kecelakaan pesawat dengan nomor penerbangan PK-SMS yang dipiloti Capt Alex Agatha dan Copilot Desly Putut membawa 11 orang penumpang dari Mimika ke Beoga terjadi sekitar pukul 07.30 WIT.

“Sebelum pesawat terbang ke Beoga semua operasi berjalan normal dan kondisi layak terbang,” ujarnya, dikutip dari laman Antara, Selasa (24/1/2023).

Dia menjelaskan saat berada di ketinggian 10 nautical miles sebelum Beoga pilot sudah melakukan kontak dengan pesawat yang sementara parkir di Lapangan Terbang Beoga.

“Badan pesawat kami itu cukup besar sehingga sudah mulai mengurangi kecepatan di udara sambil mengadakan kontak dengan pesawat yang sedang parkir tetapi sebelum mendarat pesawat kami mengalami goncangan akibat angin namun berhasil mendarat dengan pendaratan keras sehingga tidak bisa terkontrol dengan baik sehingga tergelincir ke arah kanan run way Beoga,” katanya.

Dia menambahkan Lapangan Terbang Beoga berada di ketinggian kurang lebih 5.000 feet dan panjang lapangan 560 meter.

Sementara itu, kata dia, kondisi 11 orang penumpang yang ikut dalam penerbangan dalam kondisi sehat.

Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan bahwa pesawat tersebut segera dibawa ke Jayapura untuk perbaikan secara menyeluruh.

Wagus Hidayat mengatakan pesawat tersebut akan segera di bawa ke Jayapura dalam satu atau dua hari ke depan karena terjadi kerusakan pada ban dan sayap akibat tergelincir.

“Tim akan dikirim ke Beoga untuk melakukan perbaikan sementara kemudian baru di bawa ke Jayapura,” katanya.

Shares: