News

Ketika Susi Pudjiastuti Ikut Karnaval Budaya HUT Kota Takengon

Karnaval Budaya di Takengon. (Antara)

TAKENGON (popularitas.com) – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti ikut memeriahkan semarak karnaval budaya HUT ke-443 Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah, Selasa, 18 Februari 2020.

Kehadiran sosok Susi di tengah-tengah belasan ribu peserta karnaval ini membuat suasana pesta rakyat tersebut semakin berwarna.

Mantan menteri ini tampak mengenakan kain adat Gayo yang disebut upuh ulen-ulen.

Susi juga ikut menari, saat salah satu peserta karnaval sedang menarikan tarian tradisional Gayo yakni tari guel.

“Kehormatan yang luar biasa melihat langsung budaya di wilayah Kabupaten Aceh Tengah ini. Saya ucapkan terimakasih Pak Bupati saya diberikan kesempatan untuk hadir,” kata Susi Pudjiastuti dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu Susi juga didaulat untuk secara resmi melepas jalannya karnaval budaya yang memulai start dari halaman depan Kantor Bupati setempat.

Susi mengaku bangga dan gembira bisa langsung melihat keindahan budaya Gayo dalam semarak karnaval budaya tersebut.

“Indonesia ini memang betul-betul kaya dengan ragam warna dan budaya. Tentunya saya sebagai anak bangsa gembira melihat budaya-budaya Indonesia yang tinggi, terus dipertahankan,” ujarnya.

Susi Pudjiastuti juga menilai penyelenggaraan karnaval budaya sebagai agenda tahunan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kota Takengon tiap tahunnya itu, akan sangat menarik jika dikemas dalam sebuah paket wisata.

Menurutnya turis-turis asing sangat meminati pertunjukkan budaya seperti itu.

“Ini sebetulnya bisa menjadi atraksi turis yang luar biasa, dikembangkan. Karena tidak banyak negara yang punya keragaman, keindahan, dan aneka budaya seperti Indonesia,” ucap Susi.

“Acara hari ini, karnaval budaya, memperlihatkan budaya dan kreasi masyarakat Kabupaten Aceh Tengah yang sangat luar biasa,” tuturnya lagi.

Susi Pudjiastuti diketahui telah berada di Takengon sejak Minggu (16/2) dengan agenda pribadi untuk berwisata menikmati keindahan alam pegunungan Dataran Tinggi Gayo.

Namun dia mendapat kehormatan dari Pemkab Aceh Tengah yang mengundangnya untuk ikut dalam perayaan hari jadi Kota Takengon dengan agenda pelaksanaan karnaval budaya.

“Dulu waktu saya menjabat jarang-jarang saya ke gunung, karena wilayah saya kebanyakan ya laut,” kata Susi.

Sementara pelaksanaan karnaval budaya dalam rangka peringatan HUT ke 443 Kota Takengon tahun ini diikuti oleh sebanyak 14 ribu lebih peserta.

Para peserta merupakan kalangan pelajar dari seluruh sekolah se Kabupaten Aceh Tengah, mulai dari tingkat TK hingga SMA sederajat.

Para peserta mengikuti karnaval budaya ini dengan mengenakan beragam atribut, pakaian adat, dan kostum kreasi, hingga membuat suasana sangat bewarna. (ANT)

Shares: