Teknologi

BMKG Imbau Warga Tak Lihat Gerhana Matahari dengan Mata Telanjang

BMKG: Siang ini Banda Aceh diperkirakan berawan
BMKG

BANDA ACEH (popularitas.com) – Gerhana matahari menyapa seluruh kabupaten/kota di Aceh pada 26 Desember besok. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat tidak melihat fenomena langka tersebut dengan mata telanjang.

“Menyangkut dengan gerhana kami mengimbau agar masyarakat tidak menyaksikan dengan mata telanjang karena dapat membahayakan mata,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria Ahmad, Rabu, 25 Desember 2019.

Berdasarkan prediksi BMKG, cuaca di Aceh umumnya cerah berawan saat terjadi gerhana matahari. Fenomena tersebut dapat disaksikan di seluruh Aceh, tapi hanya dua kabupaten yang mengalami gerhana matahari cincin.

Kedua kabupaten tersebut adalah Simeulue dan Aceh Singkil. Kantor Wilayah Kemenag Aceh memusatkan pemantauan gerhana matahari cincin di Simeulue dengan menyiapkan 10 teleskop.

Khusus di Simeulue, cuaca mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB cerah berawan. Sedangkan pada malam hari beberapa kecamatan diprediksi mengalami hujan petir.

“Secara umum cerah berawan hanya saja ada beberapa kabupaten/kota yang berpotensi hujan dan disertai petir,” jelas Zakaria.

Seperti diketahui, berdasarkan data tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, gerhana di Tanah Rencong secara keseluruhan diperkirakan akan terjadi pada pukul 10.08-13.56 WIB atau selama 3 jam 45 menit 52 detik.

Sumber: Detik

Shares: