BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrim dan Hujan Lebat Disertai Petir Landa Aceh

 – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh mengingatkan cuaca ekstrim seperti hujan lebat disertai petir berpotensi terjadi di Aceh.

Kasie Data dan Informasi BMKG Bandara SIM Blangbintang, Zakaria Ahmad mengatakan, cuaca ekstrim ini terjadi akibat adanya pusast sirkulasi siklonik dan belokan anginan di Aceh.

“Ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar provinsi Aceh,” kata Zakaria Ahmad, Jumat (20/11/2020).

Katanya, kondisi ini dapat mengakibatkan fenomena cuaca ekstrim hujan lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang hingga malam hari.

Selain itu, sebutnya, adanya potensi gelombang laut tinggi yang mencapai 4 meter terjadi di perairan Sumadera Hindia Barat Aceh, perairan Barat Aceh dan perairan Utara Sabang.

Ia juga mengingatkan, potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dapat melanda Aceh hingga 22 November 2020 mendatang.

Begitu juga wilayah berpotensi gelombang tinggi sejak 20-22 November terjadi di Sumadera Hindia Barat Aceh, Sumadera Hindia bagian Barat Aceh, perairan Utara Sabang, perairan Barat Aceh. Kemudian berpotensi juga terjadi di Samudera Barat Selatan Aceh hingga Selat Malaka bagian Utara.[]

Comments
Loading...