News

BMKG prakirakan hujan ringan turun di Banda Aceh

BMKG: Banda Aceh berpotensi diguyur hujan pada siang hari
Pengendara sepeda motor menerobos hujan di kawasan Alun-alun Selatan, Yogyakarta, Selasa (8/11/2022). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/TOM.

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan ringan akan turun di sejumlah daerah seperti Banda Aceh, Padang, Bandar Lampung, Bandung, Jayapura, dan Manokwari pada Kamis (26/10/2023).

BMKG juga memprakirakan sejumlah kota besar akan diliputi cuaca berawan seperti Pekanbaru, Bengkulu, Serang, Semarang, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Ternate, Mataram, serta Tarakan dengan awan yang lebih tebal.

Adapun cuaca cerah diprakirakan terdapat di Palembang, Surabaya, Makassar, Kendari, dan Gorontalo.

Sementara cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Jambi, Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Pangkal Pinang, Kupang, Mamuju, Manado, dan Ambon.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan prediksi musim kemarau akan berakhir di sebagian besar wilayah Indonesia mulai akhir Oktober ini, dan awal musim hujan secara bertahap dimulai awal November 2023.

Namun, akibat tingginya keragaman iklim, maka awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Sementara puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2024.

Awal musim hujan sendiri, kata dia, berkaitan erat dengan peralihan Monsun Australia menjadi Monsun Asia. Saat ini, Monsun Asia sudah mulai memasuki wilayah Indonesia, sehingga diprediksi bulan November akan mulai turun hujan.

“Artinya pengaruh El Nino akan mulai berkurang oleh masuknya musim hujan, sehingga diharapkan kemarau kering ini segera berakhir secara bertahap,” katanya.

Shares: