InsfrastrukturNews

China buat jembatan tertinggi di dunia, dibangun diatas ketinggian 625 meter

China buat jembatan tertinggi di dunia, dibangun diatas ketinggian 625 meter
Foto dari udara yang diabadikan pada 24 Oktober 2023 ini menunjukkan sebuah menara utama dari jembatan ngarai besar Huajiang di Provinsi Guizhou, China barat daya. (Xinhua/Tao Liang)

POPULARITAS.COM – Pemerintah China bangun jembatan tertinggi di dunia. Dibangun di ngarai besar Huajiang, provinsi Guizhou, China Barat Daya, keberhasilan pembangunannya ditandai dengan selesainya kontruksinya menara utama jembatan tersebut.

Jembatan ini diperkirakan akan rampung pada 2025 mendatang. Kontruksi antara dek jembatan dan Sungai Beipanjiang di bawahnya dirancang capai 625 meter. Karnanya, hal tersebut akan mengukuhkan jembatan ini sebagai yang tertinggi di dunia jika selesai nantinya.

Jembatan sepanjang 2.890 meter ini terletak di Wilayah Otonom Etnis Bouyei-Miao di Guanling, dan merupakan bagian dari jalan bebas hambatan yang menghubungkan distrik khusus Liuzhi di Kota Liupanshui dan wilayah Anlong di Prefektur Otonom Etnis Bouyei-Miao yang berada di Qianxinan, Provinsi Guizhou.

Wang Chaoguo, seorang manajer proyek, mengatakan bahwa dibutuhkan lebih dari 670 hari untuk membuat kemajuan dari pembangunan fondasi tiang pancang hingga proses capping menara-menara utama, dan tim akan terus mengerjakan struktur raksasa jembatan tersebut.

Jembatan ini akan memangkas waktu yang dibutuhkan untuk menyeberangi ngarai tersebut dari 70 menit menjadi sekitar satu menit, yang akan membantu mendorong pembangunan sosial dan ekonomi setempat, serta revitalisasi pedesaan.

Terletak di antara pegunungan dan ngarai yang berbukit-bukit, Guizhou memiliki hampir separuh dari 100 jembatan tertinggi di dunia.

Shares: