News

BMKG prakirakan hujan turun di Banda Aceh

BMKG ingatkan potensi hujan badai di Aceh
Ilustrasi badai hujan. (ANTARA)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa hujan berpeluang mengguyur sejumlah kota besar di Indonesia, termasuk Banda Aceh pada Jumat (30/6/2023).

Selain Banda Aceh, hujan juga diprakirakan turun di Palembang, dan Bandar Lampung.

Kota Medan menghadapi potensi hujan dengan intensitas sedang pada Jumat, sementara Kota Pekanbaru, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, dan Bengkulu berpeluang mengalami hujan disertai petir.

Hujan juga diprakirakan turun di bagian wilayah Pulau Jawa. Hujan ringan berpeluang turun di Kota Serang dan Yogyakarta, sedangkan Jakarta menghadapi potensi hujan dengan intensitas sedang.

Di Pulau Bali, hujan ringan diprakirakan turun di Kota Denpasar.

Hujan dengan intensitas ringan juga berpeluang turun di bagian Pulau Kalimantan seperti Palangka Raya, Banjarmasin, dan Tanjung Selor. Kota Pontianak di Kalimantan Barat diprakirakan mengalami hujan disertai petir.

Di Pulau Sulawesi, hujan ringan diprakirakan terjadi di Kota Makassar dan Manado serta hujan sedang diprakirakan mengguyur Kota Mamuju.

Bagian wilayah Indonesia bagian timur yang berpeluang mengalami hujan ringan meliputi Kota Jayapura, Manokwari, Ambon, dan Ternate.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati sebelumnya mengimbau masyarakat di daerah-daerah yang rawan mengalami kekeringan selama musim kemarau memanen air hujan untuk tandon.

“Semua pihak dimohon untuk melakukan penghematan penggunaan air, kalau masih ada hujan turun di beberapa wilayah mohon segera dipanen,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa saat ini wilayah Indonesia belum seluruhnya memasuki musim kemarau, tetapi pada Juli, Agustus, dan September akan semakin banyak bagian wilayah yang memasuki kemarau. (ant)

Shares: