News

BMKG prakirakan sebagian besar wilayah ibu kota provinsi berawan

Cuaca di wilayah Nusa Tenggara Barat terlihat cerah berawan, Kamis (29/6/2023) (ANTARA/Akhyar)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca berawan akan menyelimuti sebagian besar wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Senin (17/7/2023).

Dikutip dari situs BMKG, ibu kota provinsi yang diprakirakan berawan pada hari ini, yakni Denpasar, Bengkulu, Semarang, Banjarmasin, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Mataram, Kupang, Pekanbaru, Mamuju, dan Palembang.

Sementara, wilayah Gorontalo diprakirakan berawan tebal. Kota provinsi yang diprakirakan cerah berawan pada siang hari, yakni Serang, Yogyakarta, Jambi, Bandung, Samarinda, Tarakan, Makassar, dan Padang.

Sedangkan Banda Aceh, Jakarta Pusat, dan Surabaya berpotensi cerah. Beberapa wilayah berpotensi hujan ringan pada siang hari, diantaranya Pangkal Pinang, Kota Jayapura, Manokwari, Kendari, dan Manado.

BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk waspada hujan lebat yang terjadi di Medan pada siang dan malam hari, serta hujan petir yang berpotensi terjadi di Tarakan pada malam hari.

Sebelumnya, BMKG melaporkan telah mendeteksi kemunculan dua bibit siklon tropis, yakni 98W dan 99W yang berpotensi memengaruhi cuaca di sejumlah wilayah dalam beberapa hari ke depan.

“Potensi kedua bibit siklon tropis itu untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah,” kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Minggu (17/7). (ant)

Shares: