News

BMKG prediksi cuaca di Banda Aceh hujan ringan

BMKG ingatkan potensi hujan badai di Aceh
Ilustrasi badai hujan. (ANTARA)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Kota Banda Aceh alami hujan ringan pada Kamis (20/7/2023).

Dikutip dari laman BMKG, selain Banda Aceh, hujan ringan juga diprediksi terjadi di Bengkulu, Pontianak, Palangkaraya.

Kemudian, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Manokwari, Mamuju, Kendari, Padang, dan Medan.

Sementara cuaca cerah berawan diprakirakan berpotensi terjadi di Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Surabaya, Mataram, Kupang, Jayapura, dan Makassar.

Adapun Pekanbaru dan Palembang berpotensi terjadi hujan petir pada siang hari.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) positif yang saling menguatkan pada musim kemarau dapat berdampak pada kurangnya sumber air hingga gagal panen.

Dwikorita mengatakan dampak dari dua fenomena tersebut, membuat musim kemarau menjadi lebih kering, dan curah hujan menjadi rendah hingga sangat rendah.

Kondisi tersebut, menurut dia, membuat uap air sangat berkurang. Dengan patokan jika curah hujan normal sekitar 20 mm untuk satu hari, menjadi curah hujan untuk sebulan sekali, sehingga menjadi kering, bahkan tidak ada hujan sama sekali.

“Bahkan bisa saja selama dua bulan menjadi sama sekali hari tanpa hujan. Akibatnya, tentu kekurangan air, kita khawatir akan kekurangan sumber mata air menjadi kering, karena resapan hujannya juga berkurang. Nah, kalau kita kekurangan sumber air, yang terganggu adalah pertanian dan juga kehidupan sehari-hari menjadi kekurangan air,” ujar Dwikorita.

Shares: