News

BMKG : Waspada gelombang tinggi di perairan Sabang dan Barat Aceh

Gelombang setinggi 2,5 meter hingga 4 meter berpeluang terjadi di perairan Aceh
Ilustrasi gelombang tinggi. Foto Elshinta

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis potensi gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan di Indonesia. Untuk itu, lembaga itu minta masyarakat untuk mewaspadainya.

Masih menurut BMKG, potensi gelombang tinggi akan terjadi selama dua hari, yakni 14-15 Maret 2023.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, dalam keterangannya, Selasa (14/3/2023) menyebutkan, pola kecepatan angin yang tinggi antara 5-20 knot berpotensi ciptakan gelombang tinggi di sejumlah perairan, seperti Laut Natuna Utara, Anambas.

Kondisi itu, sebabkan gelombang setinggi 1-3 meter berpeluang terjadi di Selat Malaka, dan perairan Sabang, wilayah barat Aceh, dan kepulauan Mentawai.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di perairan timur Bintan-Kep. Lingga, Laut Natuna, perairan Bangka-Belitung, Selat Karimata, perairan Kalimantan Utara, Laut Sulawesi bagian barat-tengah, perairan Kep. Sangihe-Kep. Talaud, Laut Maluku bagian utara, perairan utara Kep. Halmahera, Laut Halmahera, Samudra Pasifik Utara Halmahera-Papua Barat.

Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2,5-4 meter, disampaikan, berpeluang terjadi di perairan selatan Banten, Samudra Hindia Barat Kep. Mentawai, Samudra Hindia Barat Enggano-Lampung, Samudra Hindia Selatan Jawa, Laut Natuna Utara, perairan utara Kep. Anambas-Kep. Natuna.

Untuk itu, Eko Prasetyo mengatakan, perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m).

Kemudian, kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m), kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 m).

Editor : Hendro Saky

Shares: