News

BPBD Aceh Tengah Turunkan Alat Berat Tangani Banjir Bandang

BPBD Aceh Tengah Turunkan Alat Berat Tangani Banjir Bandang
Banjir bandang di Aceh Tengah. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tengah mulai menurunkan alat berat untuk penanganan banjir bandang, Rabu (13/5/2020).

“BPBD Aceh Tengah sedang melakukan penanganan dan menurunkan alat berat,” kata Staf Data dan Dokumentasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Linda, Rabu (13/5/2020).

Hingga sekarang BPBD Aceh Tengah sedang melakukan pendataan, baik data kerugian material, pengungsi akibat rumah rasak maupun lainnya. Begitu juga belum ada laporan adanya korban jiwa dalam bencana alam ini.

“Air belum surut total,” jelasnya.

Hujan lebat dengan instensitas tinggi melanda dataran tinggi Gayo, mengakibatkan terjadi longsor dan banjir bandang di Gampong Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah. Banjir menerjang gampong tersebut dan sekitarnya pada pukul 14.00 WIB setelah diguyur hujan lebat.

Seorang warga yang masih berada di lokasi, Muhammad Husni mengaku, banjir bandang dan longsor mengakibatkan sejumlah rumah dan mobil terbawa arus.

“Ada beberapa rumah dan mobil hanyut akibat banjir bandang,” kata Muhammad Husni via telepon genggam.

Akibat banjir dan longsor mengakibatkan kenderaan tidak dapat dilintasi. Jalan Takengon-Bireuen putus total setelah bencana itu terjadi. “Jalan gak bisa dilintasi,” jelasnya.

Husni mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati, karena ada dua titik longsor. Salah satunya di KM 95 Singgah Mata. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa.[acl]

Shares: