HeadlineKesehatan

Bukan Hanya Corona, Indonesia Juga Terancam DBD

35 warga Aceh Barat terserang DBD
Ilustrasi, DBD. (tirto)

JAKARTA (popularitas.com) – Pandemi virus corona COVID-19 tengah jadi perhatian serius bagi seluruh masyarakat dunia. Namun corona COVID-19 bukanlah satu-satunya yang menjadi ancaman masyarakat saat ini.

Masih banyak penyakit lain yang tak kalah berbahaya dan mematikan selain COVID-19. Beberapa penyakit ini biasanya muncul dan mengintai beberapa wilayah karena kurangnya kewaspadaan dan perhatian dari masyarakat.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan di tengah pandemi virus corona yang melanda seluruh dunia, masyarakat juga harus waspada. Pasalnya masih ada beberapa ancaman penyakit lain yang timbul.

Salah satu penyakit yang muncul selama masa pancaroba dan telah menyerang beberapa wilayah di Indonesia adalah demam berdarah (DBD). DBD disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang berkembang biak dengan subur.

“Peningkatan kasus DBD juga harus diperhatikan. Berantas semua potensi DBD di rumah masing-masing,” terang Yuri dalam siarang langsung Media Center COVID-19 di Gedung BNPB, Jumat, 10 April 2020.

Di saat yang bersamaan, Yuri juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat yang patuh untuk tetap berada di rumah selama masa isolasi diri. Saat ini pemerintah telah menetapkan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Terima kasih atas kepatuhan masyarakat. Peraturan ini ada untuk melindungi semuanya,” tuntas Yuri.

Sumber: Okezone.

Shares: