News

Waspadai Cuaca Ekstrem di Seluruh Aceh

Cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir dan angin kencang landa Aceh
Ilustari cuaca buruk. Foto: riau online

BANDA ACEH (popularitas.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang menyatakan, cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai petir dan angin puting beliung berpotensi terjadi di seluruh Aceh beberapa hari ke depan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria menyebutkan, cuaca ekstrem itu terjadi karena dipengaruhi oleh konvergensi atau penyatuan massa udara yang menimbulkan awan komolunimbus.

“Ini berpotensi hampir terjadi di seluruh Aceh. Itu lah sebabnya karena penyatuan massa udara atau konvergensi bahasa meteorologinya,” ujar Zakaria saat dikonfirmasi, Rabu, 29 Juli 2020.

Karena itu, Zakaria menyerukan agar masyarakat tetap waspada jika berpergian ke luar rumah. Selain hujan, petir dan puting beliung, masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan juga perlu waspada gelombang tinggi di perairan Aceh.

“Juga perlu waspada terhadap gelombang tinggi. Tingginya gelombang ini disebabkan angin sedang kencang,” jelas Zakaria.

Pada pagi hari tadi, gelombang laut di peraian Aceh bahkan diprediksi mencapai 4 sampai 9 meter. Namun, pada siang ini ketinggiannya tidak mencapai 9 meter lagi. Meski demikian, para nelayan diminta tetap waspada.

“Sudah mulai turun tinggi gelombangnya, tidak lagi mencapai 9 meter,” kata Zakaria.

Zakaria juga meminta masyarakat tetap waspada jika sewaktu-waktu terjadi banjir, disebabkan hujan lebat di sejumlah daerah di Aceh.

“Di wilayah barat-selatan Aceh masih berpotensi terus dilanda hujan lebat dalam beberapa hari ke depan. Makanya warga harus waspada terhadap cuaca ekstrem ini,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: