News

Rumah Seorang Janda di Aceh Utara Amblas ke Jurang

Rumah seorang janda Hadijah (55) amblas kejurang. (ist)

ACEH UTARA (popularitas.com) – Satu unit rumah di Desa Blang Gunci, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, amblas kejurang karena abrasi sungai Kreueng Kereuto, akibatnya rumah Hadijah (55) terpaksa harus mengunsi dibawah tenda.

“Saat ini kami hanya pasrah melihat rumah roboh ke jurang, dari jauh –jauh hari kami sudah prediksikan jika air sungai semakin tinggi, maka rumah akan amblas ke jurang, kalau warga lainya nyaris amblas kalau rumah saya memang tidak bisa ditempati lagi,” keluh Hadijah, Rabu, 29 Juli 2020.

Kata dia, melihat kondisi rumah sudah hampir amblas, ia lebih dulu memindahkan perabotan rumahnya. Ia hanya bisa berharap kepada pemerintah agar masalah ini secepatanya dapat diatasi.

Kepala Desa Blang Gunci Samsul Kamal menyebutkan, satu rumah warga sudah amblas, hanya tersisa bagian depan saja, selain itu ada tiga unit rumah warga lainya hampir amblas kejurang. Namun mereka masih memilih bertahan bertahan di rumah masing-masing.

“Tiga rumah ini halaman belakang memang sudah amblas, jika air sungai terus  bertambah tidak menutup kemungkinan mereka terpasa semua harus mengunsi, sementara ini kita sudah bangun satu tenda punya desa tapi jika jika korban bertambah terpaksa harus mengunsi ke Menasah,” ujar Samsul kepada Popularitas.com.

Padahal kata Samsul, terkait masalah ini sudah diketahui oleh Pemda dan Dinas terkait dari bulan- bulan lalu. Hingga saat rumah sudah jatuh ke jurang belum ada kejelasan pasti kapan dibangun.

“Yang sudah meninjau ke lokasi sebelunya wakil bupati, Dinsos dan rombongan lainya sudah datang, tapi mereka hanya bilang akan mencari solusinya, kami tidak tau sampai kapan. Untuk kabar rumah amblas ini sudah kita kabarkan juga ke camat, tapi baik itu masa panik dan tenda belum ada, mau dibilang apalagi kami hanya menunggu,” ujarnya.

Reporter: Riskita

Shares: