EkonomiNews

Bulog pastikan pasokan beras di Aceh stabil

Bulog pastikan pasokan beras di Aceh stabil
Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Perum Bulog Kanwil Aceh mengeluarkan sebanyak 1.533 ton beras melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau Operasi Pasar beras guna meredam gejolak kenaikan harga beras di pasaran.

Kepala Perum Bulog Kanwil Aceh, Irsan Nasution dalam keterangannya, Kamis (19/1/2023) memastikan pasokan beras di daerah ujung barat Sumatra itu saat ini masih stabil dan terkendali.

Bahkan pihaknya telah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran Bulog di Aceh untuk memastikan operasi pasar (program SPHP) yang sudah berjalan lancar di tahun 2022 dengan total penyaluran sebanyak 30.463 Ton makin digencarkan.

“Kami mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir karena Bulog menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau walau di pasaran ada kenaikan harga,” kata Irsan.

Apalagi, lanjut Irsan, kebijakan mengimpor beras sebanyak 500 ribu ton melalui Perum Bulog bertujuan agar Cadangan Beras Pemerintah (CBP) terpenuhi, maka harga beras di pasaran dipastikan akan terkendali.

Kata Irsan, kedatangan beras impor menjadikan stok cadangan beras pemerintah di Bulog Aceh kini menjadi 11.744 ton. Tambahan beras impor semata-mata memperkuat cadangan beras nasional sampai datangnya musim panen raya pada Maret 2023.

“Jumlah ini cukup untuk kebutuhan penyaluran sampai dengan panen raya,” kata Irsan Nasution.

Selain mendapatkan tambahan stok beras impor, Bulog juga terus dan aktif maksimalkan penyerapan pada saat panen raya mendatang. Harapannya semua stok cadangan beras pemerintah pada tahun ini bisa terpenuhi dari produksi dalam negeri sendiri.

“Bulog Aceh juga saat ini terus berkoordinasi dengan Pemerintah daerah guna menjaga harga beras di tingkat konsumen tetap berada pada kondisi stabil atau tidak mengalami lonjakan yang tinggi,” imbuhnya.

Shares: