KesehatanNews

Cara bersihkan telinga sehat dan aman

Cara bersihkan telinga sehat dan aman
FOTO : ilustrasi

POPULARITAS.COM – Telinga merupakan salah satu panca indera manusia. Berfungsi penting dalam pendengaran, organ ini mesti jadi perhatian untuk dijaga dan dirawat kesehatannya. Sebagian orang, kerap memandang sepele ketika telinga kotor. Bahkan, tak sedikit yang salah saat membersihkan telinga. Dampaknya, justru telinga jadi tambah sakit dan bahkan bisa infeksi.

Allah menciptakan telinga secara sempurna. Organ pendengaran manusia itu, mampu membersihkan diri sendiri dengan cara dan sistem yang unik.

Telinga yang sehat, secara rutin dapat mengeluarkan lilin atau serumen. Nah, senyawa inilah yang efektif melindungi telinga dari debu, kotoran dan juga bakteri.

Namun, serumen juga bisa berlebih sebagai akibat respon telinga saat melindungi dirinya. Untuk itu, penting membersihkan telinga secara periodik guna memastikan telinga tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Berikut ini cara membersihkan telinga yang benar agar kesehatannya selalu terjaga, seperti dikutip dari beritasatu.com- jaringan popularitas.com, Senin (29/1/2024)

1. Jangan gunakan cotton bud
Cotton bud umum digunakan untuk membersihkan telinga. Namun, kebiasaan ini sebaiknya dihentikan. Cotton bud dapat mendorong kotoran telinga lebih dalam dan menyebabkan terjadinya penumpukan.

BACA JUGA

7 Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh

2. Gunakan cairan pembersih telinga
Anda dapat menggunakan cairan telinga yang khusus dijual di apotek atau toko obat. Teteskan cairan ke dalam telinga dan biarkan selama beberapa menit untuk melunakkan kotoran telinga. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dengan cermat sebelum menggunakannya.

3. Bilas dengan air hangat
Air hangat bisa digunakan untuk membilas telinga setelah ditetesi cairan pembersih. Caranya dengan menyemprotkan air ke telinga, kemudian miringkan hingga kotoran benar-benar keluar. Pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas untuk menghindari cedera.

4. Keringkan dengan lembut
Setelah membersihkan telinga, keringkan dengan lembut menggunakan handuk atau tisu. Hindari memasukkan benda apa pun ke dalam telinga untuk mengeringkannya.

5. Konsultasikan dengan dokter THT
Jika memiliki masalah serius dengan kotoran telinga atau merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan pendengaran, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan).

Shares: