News

Cara Cek Lolos atau Tidak Program Kartu Prakerja Gelombang 18

Warga Aceh diminta jangan salah pilih jurusan di program Prakerja
Program Prakerja (Foto: ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)

POPULARITAS.COM – Pendaftaran kartu prakerja gelombang 18 resmi ditutup pada Kamis, 19 Agustus 202, pukul 12.00 WIB. Dilansir dari prakerja.go.id, pendaftaran telah dibuka sejak 17 Agustus 2021 dengan kuota pendaftar sebanyak 800.000 peserta.

Lalu bagaimana cara mengetahui lolos tidaknya pendaftaran program prakerja?

Ada dua acara untuk mengetahuinya. Pertama, pendaftar akan mendapat notifkasi kelolosan melalui SMS dan email. Karena itu pastikan nomor telepon yang didaftarkan untuk akun prakerja selalu aktif.

Tak hanya itu, cek email yang digunakan untuk mendaftar program prakerja secara berkala pada perangkat yang digunakan.

Baca: Cara Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 18

Kedua, login ke laman prakerja.go.id kemudian masuk ke bagian Dashboard. Selanjutnya, apabila terdapat keterangan ‘Dana insentif yang kamu berikan setelah penyelesaian pelatihan, bila belum ada dana yang ditransfer selama 7×24 jam, Hubungi CS.’, dapat dikatakan pendaftar telah lolos seleksi program prakerja.

Selain itu, pada bagian menu Saldo Pelatihan juga akan tertera nominal yang diberikan. Namun sebaliknya, pendaftar dinyatakan tidak lolos apabila di kolom Dashboard bertuliskan ‘Kamu belum berhasil.’

Pendaftar yang dinyatakan lolos diminta untuk melakukan verifikasi nomor rekening atau electronic wallet (e-wallet). Kemudian, apabila verifikasi telah sukses, pendaftar tinggal menunggu saldo ditransferkan untuk biaya pelatihan pada program prakerja.

Dilansir dari prakerja.go.id, program kartu prakerja merupakan program untuk para pencari kerja, buruh/pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang memerlukan peningkatan kompetensi.

Pada dasarnya, program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang diinisiasi oleh pemerintah, bekerjasama dengan pelaku usaha swasta.

Sumber: Tempo

Shares: