News

Cara Dapat BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta

Warga Aceh diminta jangan salah pilih jurusan di program Prakerja
Program Prakerja (Foto: ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)

POPULARITAS.COM – Pemerintah mempersiapkan bantuan langsung tunai (BLT) berupa subsidi gaji untuk pekerja formal di sektor non-esensial dan non-kritikal di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Subsidi gaji akan disalurkan langsung ke rekening penerima.

“Proses penyaluran subsidi upah oleh bank penyalur dilakukan dengan pemindah bukuan dana dari bank penyalur kepada rekening penerima bantuan melalui bank yang dihimpun dalam Himbara (bank BUMN),” ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pada konferensi pers daring, Rabu (21/7).

Ida menjelaskan bahwa data calon penerima bersumber dari BPJS Ketenagakerjaan karena dinilai paling lengkap dan valid untuk penyaluran BLT. Nantinya, data calon penerima akan diverifikasi dan divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk diserahkan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Oleh karena itu, ia mengimbau pekerja untuk segera menyerahkan nomor rekening kepada perusahaan untuk diteruskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

“Data penerima subsidi upah diambil dari BPJS Ketenagakerjaan sampai 30 Juni 2021, sehingga hanya peserta yang terdaftar dan memenuhi persyaratan yang akan menerima,” imbuhnya.

Persyaratan pekerja penerima subsidi gaji adalah berstatus WNI dan merupakan anggota dari BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021.

Kemudian, calon penerima merupakan pekerja di daerah PPKM Level 4 dan pekerja di sektor terdampak, yakni sektor industri, barang konsumsi, barang jasa terkecuali jasa pendidikan dan kesehatan, transportasi, aneka industri, properti, dan real estate. Namun, jika pekerja belum terdaftar ke dalam penerima bantuan subsisid gaji Rp1 juta. Pekerja bisa mendaftar melalui website BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut langkahnya:

1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
2. Registrasi data diri
3. Isi formulir yang diberikan
4. Setelah semuanya diisi, peserta akan mendapatkan PIN yang dikirim ke email dan SMS yang terdaftar.

Ida mengatakan subsidi gaji akan diberikan kepada sekitar 8 juta pekerja bergaji di bawah Rp3,5 juta per bulan. Subsidi diberikan sebesar Rp500 ribu per bulan untuk dua bulan.

Rencananya, pemerintah akan mencairkan BLT untuk dua bulan sekaligus pada Agustus mendatang. Artinya, buruh akan menerima langsung Rp1 juta.

Sumber: CNN

Shares: