News

Cegah Buta Huruf di Tengah Pandemi, Anak-anak di Aceh Tamiang Diajari Membaca

POPULARITAS.COM – Untuk menghindari terjadinya buta huruf terhadap anak sekolah dasar akibat pandemi Covid 19, Kepolisian Resort Kabupaten Aceh Tamiang, berinisiatif datang ke lokasi bermain untuk mengajarkan anak pedalaman membaca.

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kapolsek Kejuruan Muda Ipda Yose Rizaldi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyelamakan generasi emas 2045 mendatang.

Mengingat di tengah pandemi kegiatan belajar di sekolah sangat singkat tidak seperti hari biasanya karena harus mengikuti protokol kesehatan.

“Jadi dengan cara ini, kita dapat menyelamatkan generasi muda dengan kegiatan penyelamat generasi emas 2045 mendatang ini kita bisa membantu mengajarkan dan belajar bersama guna mencegah buta huruf,” ujar Ipda Yose Rizaldi pada Jumat (19/3/2021).

Kegiatan belajar EYD itu berlangsung di Area Kebun Sawit milik PT Seumadam tepatnya di Dusun Karya Kampung Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda.

Kegitan ini akan terus dipantau dan terus berlanjut karena pendidikan sangat penting sehingga generasi mendatang tidak ada lagi anak Indonesia yang buta huruf.

“Materi pendidikan yang diberikan anak pedalaman itu mengajarkan huruf hijaiyah, doa – doa pendek, huruf ejaan yang telah disempurnakan EYD,” sebut Yose.

Dalam kesempatan itu, mereka juga diberikan buku gambar, buku baca, lembaran brosur serta lengkap dengan alat tilis. Setiap penutupan belajar anak dibekali makanan ringan agar tetap semangat dalam belajar dihari berikutnya.

Uniknya, yang mengajarkan mereka adalah personil kepolian langsung dari Kejuruan Muda, yang terdiri dari Kapolsek dan sejumlah personil lainya.

Editor: dani

Shares: