EkonomiNews

Cegah dampak yang lebih luas, KPPN Aceh stop pembayaran lewat BSI

Negosiasi dengan Lockbit gagal, data nasabah disebarluaskan, BSI : itu tidak benar
Ilustrasi pengguna BSI. Foto: Dok. BSI

POPULARITAS.COM – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negera (KPPN) tipe A1 Banda Aceh, untuk sementara menghentikan pembayaran dan pengunaan rekening BSI terkait dengan seluruh transaksi keuangan.

Langkah yang diambil oleh KPPN Aceh itu, sejalan dengan Nota Dinas Direktur Pengelolaan Kas nomor ND-665/PB.3/2023 tanggal 11 Mei 2023.

Hal tersebut disampaikan secara resmi oleh Kepala KPPN Aceh Mohammad Hadad dalam keterangan resminya yang diterima popularitas.com, Jumat (12/5/2023).

“Penghentian pelayanan lewat akun BSI guna pencegahan dampak lebih luas terkait dengan keamanan sistem informasi kementrian keuangan,” paparnya.

Untuk itu, pihaknya telah melakukan tindakan mitigasi berupa pemutusan sementara koneksi antara BSI dengan sistem yang ada di Kementerian Keuangan termasuk interkoneksi dengan SPAN.

“Pemutusan sementara koneksi tersebut berdampak pada terhentinya pengiriman file XML SP2D dan dokumen elektronik lainnya secara otomatis,” tulis surat edaran tersebut, Jumat (12/5/2023).

Kemudian tindakan tersebut juga dilakukan guna memitigasi risiko terjadinya fraud atau kesalahan pembayaran, sehingga Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Ditjen Perbendaharaan telah menonaktifkan sementara paygroup Bank Operasional BSI pada Aplikasi SPAN sampai dengan sistem BSI pulih sepenuhnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: