News

Cegah kemacetan arus Balik, Jalan Lintas Sumatera Medan-Langkat-Aceh berlaku satu jalur

Polda Sumatera Utara, Kamis, memberlakukan kebijakan satu arah (one way) bagi kendaraan bermotor yang melintas di Jalan Lintas Sumatera Medan - Aceh Kabupaten Langkat, pada arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah
Cegah kemacetan arus Balik, Jalan Lintas Sumatera Medan-Langkat-Aceh berlaku satu jalur
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak (kanan) menjelaskan kebijakan satu arah pada arus balik di Jalan Lintas Sumatera Medan - Aceh Kabupaten Langkat. ANTARA/HO

POPULARITAS.COM – Polda Sumatera Utara, Kamis, memberlakukan kebijakan satu arah (one way) bagi kendaraan bermotor yang melintas di Jalan Lintas Sumatera Medan – Aceh Kabupaten Langkat, pada arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak menyatakan penerapan kebijakan tersebut untuk memperlancar arus kendaraan bermotor terutama pada puncak arus balik.

Kapolda setibanya di Pos Pengamanan Jembatan Kwaluh Langkat, langsung memberikan pengarahan sekaligus menyampaikan strategi satu arah kepada personel yang mengatur arus balik Lebaran dari Aceh menuju Sumut dan Pulau Jawa.

Dalam pengarahannya, Panca minta personel aktif mengingatkan pengemudi dari arah Aceh menuju Medan untuk mempercepat laju kendaraan mencegah kemacetan arus lalu lintas.

Secara rinci disebutkan bahwa mobil dari Simpang SPN diminta langsung menuju Kota Medan.

Menurut Panca, sistem buka tutup arus lalu lintas di Jalinsum Langkat akan diterapkan dengan memperhatikan kepadatan dan volume kendaraan yang melintas.

“Strategi ini diharapkan dipedomani seluruh anggota yang mengatur arus lalu lintas sehingga kemacetan di Jalinsum Langkat dapat diminimalisasi,” kata Kapolda.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Sumut Kombes Pol. Indra Darmawan Irianto mengimbau pemudik memilih pulang lebih awal pada libur Lebaran 2022.

“Ini untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas. Sebab arus balik diprediksi akan memuncak pada tanggal 6,7, dan 8 Mei 2022,” ucap Indra.

“Kami imbau masyarakat tidak berbarengan memilih balik pada Sabtu dan Minggu. Lebih awal lebih baik,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Sumut itu.

Shares: