HeadlineNews

BMKG : Potensi gelombang 6 meter di Perairan Pantai Barat Aceh

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan tinggi gelombang di wilayah pantai barat selatan Aceh dapat mencapai 6 meter.
Gelombang setinggi 2,5 meter hingga 4 meter berpeluang terjadi di perairan Aceh
Ilustrasi gelombang tinggi. Foto Elshinta

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan tinggi gelombang di wilayah pantai barat selatan Aceh dapat mencapai 6 meter.

Kordinator Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Zakaria, dalam keterangannya dikutip dari laman Antara, mengatakan, potensi tinggi gelombang di perairan Pantai Barat Aceh, dapat mencapai 6 meter.

Tinggi gelombang itu, akan terjadi pada Jumat (6/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022), karna itu Ia minta masyarakat untuk waspada dan hati-hati.

Potensi gelombang tinggi itu, juga sangat berbahaya bagi keselamatan pelayaran penumpang, dan aktivitas penyebrangan.

Ia menyebutkan, potensi terjadinya gelombang laut dengan ketinggian empat hingga enam meter tersebut m, berada di perairan pantai selatan Aceh meliputi Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Pulau Simeulue, serta Aceh Singkil hingga Nias.

Selain membahayakan bagi aktivitas pelayaran, tingginya gelombang laut tersebut juga sangat membahayakan keselamatan nelayan yang akan mencari ikan di laut lepas.

“Bagi nelayan yang mau melaut, kami sarankan agar mencari ikan di sekitar pinggir pantai yang tidak jauh dari daratan. Karena kalau ke laut lepas sangat berbahaya,” kata Zakaria menambahkan.

Sedangkan untuk wilayah pantai barat Aceh meliputi Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Jaya, kata Zakaria, ketinggian gelombang laut berada dalam level sedang yakni berada di kisaran 1,5 meter hingga 2,5 meter.

Namun untuk perairan Sabang, Banda Aceh dan Aceh Besar, sejauh ini masih normal berada di kisaran 0,5 meter hingga 1,2 meter.

“Yang lebih aman itu berada di wilayah pantai timur Aceh, sejak Pidie hingga Aceh Tamiang. Ketinggian gelombang hanya berkisar 0,5 meter hingga 1 meter,” kata Zakaria.

Meski pun aman, ia meminta nelayan agar tetap waspada jika melaut karena saat berada di laut lepas, kondisi nelayan juga tergolong berbahaya apabila tidak berhati-hati, tuturnya.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: