News

Cerita Penyintas Covid: Jangan Percaya Diri Kalau Kita Sehat

Corona Mengintai Anda (1)
Pasien berinisial AJ (60) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA), Banda Aceh dinyatakan telah sembuh dari Covid-19. Hasil test swab dari laboratorium PIC Balitbangkes Kementerian Kesehatan yang keempat kali dinyatakan negatif. Ahmad Mufti | popularitas.com

POPULARITAS.COM – Arjhon (60), pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari corona tak kuasa menahan haru saat pihak Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA), Banda Aceh mengumumkan dirinya telah sehat dan negatif corona.

Pihak RSUZA menyatakan Arjhon sudah bisa pulang ke rumahnya, setelah 20 hari menjalani perawatan di rumah sakit pelat merah itu. Kepulangannya juga diantar langsung oleh petugas medis ke rumahnya di Desa Lampaseh, Kota Banda Aceh.

AJ memiliki riwayat berpergian dari Padang, Sumatera Barat, dan transit ke Medan, lalu tiba di Banda Aceh pada 9 Maret 2020 lalu. Selama dalam perjalanan itu, ia mengakui bahwa kesehatannya biasa-biasa saja dan tidak ada gejala apapun.

Gejala itu muncul ketika ia memeriksa kesehatannya ke RSUZA. Lima hari di rawat, ia dibolehkan pulang, sembari menunggu hasil swab dari Jakarta tiba. Tak berselang lama AJ kembali mendatangi rumah sakit untuk memeriksa keluhan demam, batuk dan penyakit penyerta lainnya. Di waktu bersamaan hasil swab keluar, dan AJ dinyatakan positif corona.

AJ, bahkan tidak mengetahui kapan dan dimana ia terjangkit virus corona tersebut. Menurutnya, selama melakukan perjalanan ke luar kota, kondisi tubuhnya sehat.

“Awalnya dulu saya tidak ada gejala apa-apa. Naik pesawatpun tidak ada apa-apa, kemudian hasil swab tiba-tiba positif. Dapatnya (tertular) itu saya tidak tau dimana, di jalan atau dimanalah,” kata Arjhon saat ditemui di kediamannya di Lampaseh, Jumat (09/10/2020).

Arjhon tidak sendiri. Virus corona waktu itu juga tertular ke istrinya. Hanya saja, saat itu sang istri sudah dinyatakan sembuh setelah sepakan dirawat.

Meski sudah dinyatakan sehat dan negatif corona, Arjhon berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Kata dia, meskipun badan sehat, bukan berarti tidak bisa terpapar virus corona. “Jangan percaya diri kalau kita ini sehat, datangnya ini (Virus Corona) kita tidak tahu, saya berpesan agar semua warga tetap mematuhi aturan kesehatan soal ini (covid-19). Usahakan keluar rumah harus pakai masker,” ajak dia.

Setelah beberapa bulan sembuh dari covid-19, Arjhon saat ini juga kerap menegur masyarakat dilingkungan dia yang tidak mematahui protokol kesehatan. Ia berharap apa yang pernah dialaminya tidak terjadi ke masyarakat lingkungannya.

“Ya sering saya tegur bagi yang tidak pakai masker. Artinya kita kalau sakit (terpapar covid) yang kasihankan petugas medis. Mereka sudah lelah tapi kita masih tetap abai,” katanya.

Arjhon juga berharap masyarakat mematuhi apa yang telah diperintahkan oleh Pemerintah untuk menjaga protokol kesehatan. Agar bisa memutus rantai penularan corona di Aceh yang saat ini melonjak tajam.

“Ini yang harus kita jalankan (mematuhi protokol kesehatan) kalau mau corona ini berakhir,” ujarnya.

Reporter: dani

Shares: