KesehatanNews

Cina datangkan buah jernang Aceh untuk bahan baku obat herbal

Cina datangkan buah jernang Aceh untuk bahan baku obat herbal
Duta Besar RI untuk Cina Djauhari Oratmangun (kanan) mengunjungi pameran obat tradisional China di Beijing, Jumat (2/9/2022). ANTARA/M. Irfan Ilmie

POPULARITAS.COM – Chawun Group, salah satu perusahaan obat herbal terbesar di Cina harus mendatangkan buah jernang dari Provinsi Aceh untuk bahan baku.

“Bahan bakunya hanya bisa didapat dari Aceh,” kata CEO Chawun Group, Lin Ming, dikutip dari laman Antara, Senin (5/9/2022).

Perusahaan yang berkantor pusat di Fuzhou, ibu kota Provinsi Fujian, itu hanya satu-satunya perusahaan di Cina yang memproduksi obat-obatan tradisional berbahan baku tanaman rotan jernang.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Cina Djauhari Oratmangun mendorong kerja sama di bidang obat-obatan tradisional antara Indonesia dan Cina diperluas.

“Kerja sama sektor obat-obatan tradisional ini dapat diperluas untuk investasi, kolaborasi penelitian, dan manufaktur,” katanya di Beijing, Minggu (4/9/2022).

Dorongan itu juga pernah disampaikan dalam Forum ke-5 Prakarsa Sabuk Jalan tentang Pengembangan Obat-Obatan Tradisional Cina di Beijing.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes memaparkan pencapaian kerja sama di bidang pengobatan tradisional Cina.

Menurut dia, Indonesia kaya akan potensi alamnya yang subur sehingga mampu menghasilkan obat-obatan herbal.

Jamu, khususnya, telah menjadi tradisi dan budaya masyarakat Indonesia yang diwariskan secara turun-temurun.

“Beberapa perusahaan obat-obatan tradisional Cina menyambut positif dan menyampaikan keinginannya untuk berdiskusi lebih lanjut terkait kerja sama dengan Indonesia,” kata dia.

Editor: Muhammad Fadhil

Shares: