News

Cuaca Buruk, Waspadai Gelombang Setinggi 4 Meter di Perairan Aceh

Ilustrasi.

BANDA ACEH (popularitas.com) – Gelombang laut setinggi 4 meter diperkirakan akan terjadi di wilayah Samudera Hindia, sebelah Barat Aceh.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Blang Bintang Aceh Besar memprekdiksi kondisi cuaca buruk ini berpeluang terjadi hingga tiga hari ke depan.

“Kondisi cuaca ini dapat diwaspadai oleh nelayan dan pengguna jasa pelayaran saat hendak melaut,” kata Kasi Data Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang Aceh Besar Zakaria Ahmad, seperti dilansir laman RRI, Sabtu, 25 Juli 2020.

Zakaria menjelaskan, cuaca buruk ini dipengaruhi akibat angin kencang yang melanda sejumlah wilayah perairan Aceh. Sementara perairan yang paling parah yaitu di wilayah perairan Simeulue dan sekitarnya yang berpeluang tinggi gelombang mencapai 4 meter.

“Sementara di wilayah perairan lainya seperti perairan Sabang Banda Aceh masih tergolong aman karena ketinggian gelombang mencapai 1 meter,” ujarnya.

Dia menambahkan, wilayah perairan utara Sabang juga perlu diwaspadai karena ketinggian gelombang laut diprediksi mencapai 4 meter.

“Perairan utara dan timur aceh satu meter dan perairan barat selatan Aceh mencapai 3 meter. Sementara di wilayah selat malaka ketinggian gelombang laut mencapai 1 meter,” jelas Zakaria.

Sementara itu, menyikapi potensi cuaca buruk yang terjadi di perairan Aceh, kantor SAR Banda Aceh telah menyiagakan kapal dan personel apabila terjadi kecekaan laut.

“Peralatan serta personel SAR yang disiapkan beroperasi selama 24 jam,” kata Kepala kantor SAR Banda Aceh Budiono.

Selain cuaca buruk yang mengakibatkan ketinggian gelombang laut, kondisi angin puting beliung sempat melanda Aceh. Banda Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan puluhan rumah rusak di terjang angin kencang di wilayah Aceh Utara beberapa hari lalu.

Shares: