News

Daftar Wilayah yang Dapat 5G Telkomsel dan Indosat

Ilustrasi ponsel 5G. | net

POPULARITAS.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberi izin dua operator seluler (opsel) untuk menggelar layanan 5G di sejumlah wilayah di Indonesia, yakni Telkomsel dan terbaru Indosat.

Kementerian itu menyatakan dua operator ini telah mendapat surat keterangan laik operasi (SKLO) untuk komersialisasi layanan5G. Penerbitan SKLO didasarkan pada pelaksanaan uji laik operasi (ULO).
Dengan diterbitkannya SKLO 5G, dia berkata menandakan sarana dan prasarana untuk menggelar jaringan 5G kedua operator siap dioperasikan.

Pada akhir Mei lalu, Telkomsel merilis layanan 5G pertama di Indonesia. Tak lama kemudian disusul oleh Indosat Oredoo pada Senin (14/6/2021).

“Pada generasi ke-5 atau 5G diharapkan dapat memberikan layanan untuk mendukung industri dan masyarakat di masa depan seiring dengan perkembangan kecerdasan dan IoT,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (14/6/2021).

5G Indosat

Frekuensi yang dipakai: 1.800 Mhz atau 1,8 Ghz dengan lebar pita 20 Mhz dalam rentang 1.837,5 Mhz sampai 1.857,5 Mhz

Wilayah operasional:
– Jakarta,
– Solo,

– Surabaya, dan
– Makassar.

5G Telkomsel

Frekuensi yang dipakai: Telkomsel memanfaatkan 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1,8 GHz untuk control plane.

Wilayah operasional:
– DKI Jakarta,
– Surabaya,- Makassar,
– Bali,
– Batam,
– Medan,
– Solo,
– Balikpapan, dan
– Bandung

Telkomsel merinci sebaran 5G untuk wilayah DKI Jakarta, terdapat di beberapa wilayah seperti Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera. Kemudian GraPARI Bandara Soekarno Hatta.

Cara aktifkan 5G:

  1. Bagi pengguna yang ingin menikmati layanan 5G, disarankan untuk memastikan beberapa hal berikut:
  2. Menggunakan kartu bertipe uSIM atau kartu SIM dengan jaringan 4G
  3. Berada di lokasi yang sudah dapat layanan jaringan 5G yang disebut.
  4. Tidak lupa untuk menggunakan ponsel pintar yang telah mendukung jaringan dan layanan 5G dan mendukung frekuensi 5G yang digunakan oleh operator seluler di Indonesia.
  5. Telkomsel menyatakan saat ini nomor ponsel pelanggannya telah diaktifkan fitur jaringan 5G secara otomatis. Meski begitu, aktivasi tersebut masih dilakukan kepada penggunanya secara bertahap.
  6. Jika ingin mengaktifkan fitur 5G pada nomor, pengguna juga dapat mengisi form registrasi aktivasi fitur 5G.

Sumber: CNN

Shares: