News

Daging kambing menjadi favorit warga Aceh Barat, konsumsi hingga 6.313 ekor setahun

Pedagang memberi pakan kambing sambil menunggu pembeli di pusat penjualan hewan kurban Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (6/7/2022). (ANTARA FOTO/Rahmad/foc)

POPULARITAS.COM – Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat mencatat konsumsi daging kambing oleh masyarakat di daerah tersebut pada tahun 2022 mencapai 6.313 ekor.

“Dari total populasi ternak kambing di 2022 sebanyak 10.413 ekor, sebanyak 6.313 ekor diantaranya telah disembelih untuk berbagai keperluan,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat, Danil Adrial, dikutip dari laman Antara, Jumat (24/2/2023).

Pada tahun 2021, jumlah populasi ternak kambing di Kabupaten Aceh Barat juga mencapai sebanyak 10.761 ekor dan jumlah ternak yang disembelih mencapai di angka 6.000-an ternak.

Ada pun kebutuhan masyarakat yang mengkonsumsi ternak kambing secara harian, kata dia, seperti dalam penyajian makanan siap saji gulai kari kambing yang sangat diminati oleh masyarakat Aceh.

Kemudian untuk kebutuhan kenduri rumahan dan adat istiadat Aceh seperti turun tanah, kegiatan keagamaan, serta berbagai kebutuhan lainnya.

Meski tingkat konsumsi daging kambing masyarakat di Aceh Barat tergolong tinggi, kata Danil Adrial, pemerintah daerah terus berupaya mendorong masyarakat untuk terus beternak kambing, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan memenuhi kebutuhan ekonomi.

Pihaknya juga gencar melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak masyarakat, sehingga diharapkan kambing yang diternak oleh masyarakat selalu dalam kondisi sehat dan bugar.

“Kalau ada ternak yang sakit, maka setelah dilaporkan oleh masyarakat, segera mendapatkan pengobatan dari petugas kesehatan hewan terdekat,” kata Danil Adrial.

Shares: