News

Dampak bibit siklon di laut Cina, hujan ringan berpeluang guyur Banda Aceh

BMKG: Waspada potensi hujan lebat disertai petir di Aceh
Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan berpeluang turun di Banda Aceh pada Selasa (17/10/2023).

Selain Banda Aceh, hujan ringan juga diprediksi turun di Padang, Medan, dan Tanjungpinang. Sedangkan Pekanbaru diprediksi berkabut.

Prakirawan BMKG, Nurul Izzah Fitria, dikutip dari laman Antara, Selasa (17/10/2023) mengatakan, kondisi tersebut terjadi karena pengaruh bibit siklon tropis 99S di Laut Cina Selatan.

“Kami mendeteksi bibit siklon tropis 99S, tepatnya sebelah timur Vietnam dengan kecepatan angin 30 meter per jam,” kata Nurul Izzah Fitria

Hujan ringan juga berpotensi mengguyur Bengkulu, Jambi, dan Pangkal Pinang. Waspadai potensi asap di Kota Palembang.

“Pulau Jawa sebagian besar diprediksi berawan,” katanya.

Nurul mengatakan situasi cuaca di Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, umumnya cerah Berawan.

Hujan berintensitas ringan di Pulau Kalimantan, kata Nurul, berpeluang terjadi di Samarinda, Banjarmasin, dan Palangkaraya.

Sedangkan hujan berintensitas sedang berpotensi mengguyur Kota Pontianak. “Waspadai kabut di wilayah Tanjung Selor,” katanya.

BMKG melaporkan hujan berintensitas ringan juga berpeluang mengguyur sebagian besar Pulau Sulawesi.

Sedangkan prakiraan cuaca di timur Indonesia, seperti Mamuju, Ambon, Manokwari, dan Jayapura diprediksi terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan.

Shares: