HukumNews

Dana desa diduga digunakan untuk KKB, begini penjelasan Polda Papua

Kontak tembak dengan KKB, Praka Jamaluddin tewas
Salah satu kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. (ANTARA/HO/Dokumen Pribadi)

POPULARITAS.COM – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengaku sudah memerintahkan sejumlah polres menyelidiki penyaluran dana kampung (desa) untuk membantu kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Ia mengatakan ada sejumlah polres yang telah menyelidiki penyaluran dana kampung untuk membantu KKB.

“Sudah ada beberapa kepala kampung yang saat ini menjalani proses pemeriksaan terkait dana kampung yang disalurkan ke KKB sehingga digunakan untuk membiayai operasional kelompok tersebut, ” katanya dilansir dari laman Antara, Sabtu (17/6/2023).

Jika ada keterlibatan kepala kampung atau siapa pun dalam penyaluran dana kampung ke KKB, katanya, maka pihaknya akan menindak tegas dengan memproses hukum mereka.

“Saat ini sudah ada beberapa kepala kampung yang ditahan dan sedang dalam pemeriksaan penyidik terkait penggunaan dana kampung yang diberikan kepada KKB,” paparnya.

Selain di Kabupaten Nduga, beber Kapolda, ada pula di beberapa wilayah yang menjadi perhatian kepolisian sehingga para kapolres diminta untuk mendalami dan memproses hukum bila ada indikasi penyaluran dana kampung kepada KKB.

Dana kampung itu diberikan untuk membantu mempercepat proses pembangunan di kampung sehingga pemanfaatannya sesuai program yang sudah disepakati bersama.

“Bukan sebaliknya dana tersebut diberikan kepada KKB yang sering membuat resah masyarakat di sekitarnya sehingga bila terindikasi maka kepala kampung akan diproses hukum,” tegasnya.

Shares: