News

Dekranasda Sabang gelar lomba fashion show

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sabang, Kamis (25/8/2022), gelar kegiatan fashion show. Acara yang dilangsungkan di aula lantai IV Kantor Walikota Sabang itu, perlombakan kreasi baju etnik Aceh.
Dekranasda Sabang gelar lomba fashion show
Ketua Dekranasda Kota Sabang, Mita Andriani, saat berikan hadiah kepada para pemenang lomba fashion show kreasi baju etnik Aceh. Acara itu dilangsungkan, Kamis (25/8/2022) di Aula Pemko Kota Sabang

POPULARITAS.COM – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sabang, Kamis (25/8/2022), gelar kegiatan fashion show. Acara yang dilangsungkan di aula lantai IV Kantor Walikota Sabang itu, perlombakan kreasi baju etnik Aceh.

Ketua Dekranasda Kota Sabang, Mita Andriani mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Dekranasda Sabang, sekaligus upaya dalam menggali ide dan informasi baru untuk pengembangan produk unggulan daerah.

“Fashion show ini juga salah satu upaya untuk kembali mengenalkan dan mempromosikan motif Bungong Ue dan kerajinan kayu kelapa yang telah mendapatkan hak cipta (HAKI) dari Kementerian Hukum dan HAM tahun 2019” kata Mita.

Dia berharap, kegiatan ini dapat mengembangkan motif Bungong Ue dengan paduan-paduan yang bisa dikombinasikan pada produk lain, dan diharapkan kedepannya akan muncul ide desain baru, baik untuk motif maupun produk yang lebih unggul terutama dalam mengenalkan potensi daerah Kota Sabang.

Sementara itu, Wali Kota Sabang yang di wakili Staf Ahli bidang Keistimewaan Aceh, Kesejahteraan Rakyat, dan Sumber Daya Manusia, Drs. M. Yusra S.P. M. Si. menuturkan dengan kegiatan ini semua pihak harus berkomitmen untuk semakin memperkenalkan wajah dan kekayaan etnik Aceh yang memiliki kemajemukan budaya tersendiri.

“Menurut Saya perlu adanya dukungan lebih baik lagi agar lomba fashion show baju etnik Aceh ini dapat terus terlaksana kedepan nanti dengan skala yang lebih besar lagi.  Karena ini mencerminkan kemajemukan budaya Aceh,” terangnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 16 orang peserta yang berasal dari PKK gampong serta organisasi wanita se-Kota Sabang, dan turut menghadirkan tiga dewan juri yang kompeten dibidangnya untuk menilai para peserta.

Lomba Fashion Show Kreasi Etnik Aceh Tingkat Kota Sabang Tahun 2022, dimenangkan oleh perwakilan organisasi wanita dari PIA Lanud Mus Sabang yang keluar sebagai juara satu, disusul juara dua dari perwakilan TP-PKK Kota Sabang, dan juara tiga dari Gampong Kuta Timur.

Kemudian juara harapan satu diraih oleh Ipemi Sabang, harapan dua Gampong Aneuk Laot, juara harapan tiga berasal dari Gampong Kuta Barat, serta juara Favorit dari organisasi wanita Bhayangkari Sabang.

Shares: