News

Dewan desak Pemkab Pidie Jaya lakukan pemetaan wilayah rawan bencana

Dewan desak Pemkab Pidie Jaya lakukan pemetaan wilayah rawan bencana
Anggota DPRK Pidie Jaya, Teuku Guntara. Foto: Nurzahri/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya, Teuku Guntara, mendesak pemerintah kabupaten setempat untuk melakukan pemetaan wilayah-wilayah rawan bencana.

Pemetaan rawan bencana, menurut Teuku Guntara, sangatlah penting untuk dilakukan oleh pemerintah, guna mencegah atau mengurangi resiko bencana.

“Pemerintah harus melakukan pemetaan kawasan rawan bencana di Pidie Jaya terutama Daerah Aliran Sungai (DAS),” kata Teuku Guntara, kepada popularitas.com, Kamis (2/2/2023).

Selain itu, kata dia, ada beberapa titik DAS di delapan kecamatan di Pidie Jaya telah mengalami kerusakan lumayan parah akibat erosi yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Jika kerusakan DAS itu tak kunjung ditangani, sambungnya, maka akan berpotensi terjadi bencana alam yang lebih parah dari banjir yang terjadi baru-baru ini, sehingga memunculkan efek domino.

“Saat bencana alam banjir terjadi, tidak hanya permukiman penduduk yang terendam, tapi perputaran ekonomi masyarakat juga akan terganggu,” jelasnya.

Kemudian, terang dia, Pemkab Pidie Jaya juga harus melakukan pemetaan wilayah-wilayah pergunungan yang berpotensi longsor.

“Sehingga tidak menimbulkan bencana yang kemudian akan menelan korban jiwa,” tambahnya.

Shares: