KesehatanNews

Dinkes: TBC di Aceh capai 21.128 kasus

Kasus penyakit TBC di Pidie Jaya meningkat
Ilustrasi TBC. Foto: Kumparan

POPULARITAS.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Aceh memperkirakan kasus Tuberkulosis (TBC) di daerah ujung barat Sumatra itu mencapai 21.128 kasus.

“Pada 1 November 2023 sudah dilakukan sebanyak 10.596 dengan memberikan pengobatan,” jelas Kasi P2M Dinkes Aceh, Helmi dalam keterangannya, Selasa (21/11/2023).

Ia menjelasakan, TBC adalah penyakit menular dan apabila tidak diobati akan berdampak meluas serta bisa menular kepada orang lain terutama keluarga terdekat.

Ia berharap kasus TBC di Aceh bisa turun 90 persen pada tahun 2030. Menurutnya, untuk nasional perkiraan 969.000 kasus di tahun 2023. Bahkan Indonesia peringkat kedua secara global di bawah India dan peringkat tiga yakni Cina.

Ada pun upaya yang dilakukan, kata dia, yakni lakukan screening di masyarakat, penemuan di rumah sakit, puskesmas dan fasilitas kesehatan swasta.

“Untuk pasien TBC harus minum obat di depan dokter, sehingga tidak malas minum obat dan efeknya semakin meluas karena tidak minum obat. Target kita kepada pasien sembuh,” jelasnya.

Shares: