News

Dinsos Aceh Salurkan Bantuan Logistik untuk Pesisir Barat Aceh

Dinsos Aceh salurkan bantuan logistik untuk Abdya, Nagan Raya dan Aceh Barat | Foto Dinsos Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Dinas Sosial Aceh mendistribusikan tiga truk bantuan logistik yang berisikan pangan untuk tiga kabupaten di lintas barat selatan Aceh, Selasa, 19 November 2019. Adapun tiga kabupaten tersebut, dua diantaranya sedang direndam banjir, yaitu Kabupaten Aceh Barat banjir di Kecamatan Woyla Barat, Nagan Raya, dan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Bantuan tersebut diboyong oleh Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Yanyan Rahmat bersama Ketua Tagana Aceh Rizal Dinata. Rombongan berangkat dari Banda Aceh dengan membawa serta tiga truk bermuatan penuh logistik untuk disalurkan pada tiga kabupaten tersebut.

Di Aceh Barat, bantuan logistik itu diterima langsung oleh Bupati Aceh Barat, Ramli MS, di halaman gudang logistik milik Pemerintah Aceh di kabupaten tersebut. Usai menerima bantuan, Ramli memerintahkan Kepala Dinas Sosial Aceh Barat, Bismi, bersama Tagana untuk menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat korban bencana banjir yang merendam sebagaian pemukiman warga di Kecamatan Woyla Barat.

“Tentu kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh, dan bantuan ini akan segera disalurkan kepada mereka korban bencana banjir di Woyla Barat,” kata Ramli MS.

Di Nagan Raya bantuan logistik juga diterima langsung oleh Bupati Nagan Raya, Jamin Idham, di halaman kantor bupati setempat. Nagan Raya yang juga sedang direndam banjir di Kecamatan Tripa Makmur diakui oleh Jamin Idham memang sangat membutuhkan pasokan bantuan dari Pemerintah Aceh.

Dia berterimakasih atas bantuan tersebut dan akan menyalurkan langsung kepada masayarakat korban banjir di Kecamatan Tripa Makmur.

Dinsos Aceh salurkan bantuan logistik untuk Abdya, Nagan Raya dan Aceh Barat | Foto Dinsos Aceh

Sementara di Abdya, bantuan logistik diterima oleh Wakil Bupati Muslizar di halaman rumahnya. Muslizar mengatakan, Abdya adalah salah satu daerah yang rawan terkena bencana, baik itu bencana sosial, maupun bencana alam. Untuk itu dia berterimakasih atas bantuan Pemerintah Aceh tersebut, apalagi stok logistik di gudang milik Pemerintah Aceh di Abdya sudah mulai menipis.

“Tentu bantuan ini sangat berrati bagi kami untuk membantu masyarakat kami yang membutuhkan bantuan,” kata Muslizar.

Selain menyalurkan bantuan logistik, Yanyan Rahmat bersama Rizal Dinata juga memonitoring gudang-gudang logistik di tiga kabupaten tersebut.

“Selain kita mengantarkan bantuan logistik, kita juga mengecek kerapian, dan keteraturan gudang, karena itu juga menyangkut kesiapan gudang dalam menghadapi bencana,” kata Yanyan Rahmat.

Dinsos Aceh salurkan bantuan logistik untuk Abdya, Nagan Raya dan Aceh Barat | Foto Dinsos Aceh

Menurut Yanyan, penyaluran logistik kesiapan gudang merupakan perintah Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah kepada Kadinsos Aceh dalam menghadapi musim pancaroba di penghujung tahun ini.

“Pak Plt (gubernur) menginginkan kesiapan logistik dan kesiapan gudang juga bagian dari kesiapan menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja,” kata Yanyan.

Dalam kunjungan ke tiga kabupaten tersebut, Yanyan dengan tegas meminta kepada Tagana melalui dinas sosial setempat agar menata gudang dengan baik sesuai semangat gerakan BEREH yang wajib diterapkan di semua kantor dan intansi milik Pemerintah Aceh.

“Sebab jika gudang tidak teratur, maka akan menyulitkan petugas saat hendak menyalurkan bantuan kepada korban bencana,” katanya.

Begitu juga kata Yanyan, setiap bantuan logistik baik itu berupa sandang dan pangan harus dipisahkan penempatannya sesuai dengan sumber anggaran, sehingga mudah saat pengecekan barang, dan pemerikasaan barang.

Sementara Rizal Dinata mengimbau Tagana Aceh dan Sahabat Tagana agar selalu kompak di lapangan dalam membantu masyarakat korban bencana di daerah masing-masing.* (RIL)

Shares: