News

Distan Aceh Utara Salurkan Bantuan Pupuk dan Perlengkapan Pertanian

Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, sudah mulai membagikan bantuan program pemanfaatan perkarangan untuk pengembangan pangan di tengah pandemi covid 19, pada Sabtu (21/11/2020).

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Erwandi menyebutkan, bantuan tersebut juga merupakan bagian dari program pelaksanaan Gerakan Aceh Mandiri Pangan (GAMPANG) khusus penangan Covid 19, dengan jumlah anggaran Rp 200 juta.

“Yang mendapat bantuan ini hanya 10 kecamatan, dalam satu kecamatan yang satu desa saja yang dipilih untuk 10 calon penerima. Pembagian ini sudah diserahkan ke lima desa dan hanya tersisa lima desa lagi yang akan dibagikan nanti,” sebut Erwandi kepada watawan.

Lanjutnya, bantuan kali ini diberikan kepada Desa Alu Rambe di Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Bantuan yang diberikan adalah sejumlah bibit, perlengkapan tani dan pupuk.

“Bibit bawang merah, kacang panjang, gambas, mentimun, cabe merah, cabe rawet dan terong, sedangkan peralatan tani yaitu cakul, hand sprayer, gembor, tray semai dan polybag,” sebut Erwandi

Tidak hanya itu dalam program tersebut juga di lengkapi pupuk NPK, pupuk organik, organic cair dan pestisida.

“Calon penerimanya desa yang dianggap rentan terjadianya penurunan pertahanan pangan ditingkat rumah tangga di tengan pandemi seperti ini, untuk tahun ini kita hanya ada anggaran untuk 10 kecamatan saja kita berharap kedepan ada bentuan lagi agar bisa merata ke seluruh desa,” katanya.

Sementara itu Camat Kuta Makmur, Saifullah mengatakan, untuk penerima bantuan tersebut ke Desa Alu Rambe di Kecamatan Kuta Makmur ini menurutnya sudah tepat sasaran.

Katanya desa yang dipilih ini merupakan desa yang sangat terpencil, pemilihan desa terpencil tersebut juga merupakan keputusan bersama dan hasil surve dari 39 desa di kecamatan setempat.

“Jika berbicara semua semua desa layak dibantu namun bantuan hanya memenuhu satu desa saja, dan pemilihan ini sudah tepat sasaran. Kita berharap bantuan ini bermanfaat serta dapat dikelola sebaik- baik mungkin,” pungkas Saifullah.

Editor: dani

Shares: