NewsPolitik

Distribusi logistik Pemilu 2024 di luar negeri capai 100 persen

Anggota KPU RI Yulianto Sudrajat. Foto: kpu.go.id

POPULARITAS.COM – Anggota Komisi Pemilihan Umum RI, Yulianto Sudrajat, menyatakan semua distribusi logistik Pemilu 2024 ke luar negeri sudah mencapai 100 persen, termasuk ke negara yang mengalami konflik seperti Ukraina dan Syria.

Distribusi logistik untuk Pemilu 2024 itu sudah tersebar ke 128 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di 95 negara.

“Kami sudah petakan distribusi logistik termasuk negara-negara yang ada konflik, dan kami alihkan ke wilayah terdekat seperti untuk Ukraina maka kami kirimkan ke Warsawa, Polandia” kata Yulianto, yang juga Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga, dan Logistik KPU RI, Jumat (2/2/2024).

Sedangkan untuk distribusi logistik ke Syria, kata Yulianto, maka dialihkan ke Lebanon.

Menurut Yulianto, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, untuk memastikan agar distribusi logistik bisa tepat waktu.

Yulianto menegaskan, pihaknya sudah mengantisipasi potensi kerusakan surat suara untuk Pemilu 2024.

“Kami langsung mengirimkan surat suara untuk mengganti yang rusak, seperti yang terjadi di PPLN Taipeh, Taiwan,” katanya.

Menurut Yulianto, surat suara di Taipeh diganti karena PPLN Taipeh mengirim lebih awal.

Yulianto menuturkan, rata-rata pencoblosan suara di Luar Negeri akan dilangsungkan pada 9 dan 10 Februari 2024.

Yulianto mengimbau, agar semua WNI yang telah memiliki hak pilih dapat menyampaikan hak konstitusionalnya melalui PPLN di 95 negara.

“Kami tunggu partisipasi semua WNI baik di dalam negeri maupun luar negeri yang memiliki hak pilih” kata Yulianto.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum, maka ada tiga metode pemungutan suara yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), pertama memilih di TPS atau TPSLN yang digelar di kantor-kantor perwakilan Indonesia seperti kedutaan besar, konsulat jenderal atau di sekolah indonesia atau di wisma duta.

Kedua KPU menyediakan kotak suara keliling, dan ketiga, adalah metode pos. Petugas Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang kemudian mengirimkan surat melalui pos ke alamat masing-masing pemilih.

Berikut daftar hari dan tanggal pemungutan suara untuk perwakilan Indonesia di luar negeri:

Senin, 5 Februari 2024 (Hanoi, Ho Chi Minh City), Selasa, 6 Februari 2024 (Panama City), Kamis, 8 Februari 2024 (Tehran), Jumat, 9 Februari 2024 (Amman, Kepulauan Seychelles, Baghdad, Dhaka, Doha, Khartoum, Kuwait City, Manama, Muscat, Riyadh, Sana’a).

Sabtu, 10 Februari 2024 (Abu Dhabi, Abuja, Alger, Berlin, Bern, Bogota, Brasilia-DF, Bratislava, Brussel, Budapest, Buenos Aires, Canberra, Cape Town, Caracas, Chicago, Colombo, Dakar, Damaskus, Darwin, Den Haag, Dubai, Frankfurt, Hamburg, Havana, Helsinki, Houston, Islamabad, Jeddah, Kairo, Kopenhagen, Kiev, Lima, Lisabon, Los Angeles, Maputo, Marseilles, Melbourne, Mexico City, Mosko, Mumbai, Nairobi, New Delhi, New York, Oslo, Ottawa, Paris, Perth, Phnom Penh, Praha, Pretoria, Quito, San Fransisco, Sarajevo, Seoul, Sofia, Stockholm, Suva, Sydney, Taskhent, Toronto, Tripoli, Vancouver, Vatikan, Vientiane, Warsawa Washington DC, Wellington, Wina, Windhoek, dan Zagreb.

Minggu, 11 Februari 2024 (Addis Ababa, Ankara, Athena, Baku, Bandar Seri Begawan, Bangkok, Beirut, Beograd, Bucharest, Dar Es Salaam, Davao City, Dili, Harare, Istanbul, Johor Baru, Karachi, Kota, Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuching, London, Madri, Manila, Noumea, Osaka, Paramaribo, Penang, Port Moresby, Rabat, Roma, Santiago, Singapura, Songkhla, Tawau, Tokyo, Tunis, dan Yangon.

Selasa, 13 Februari 2024 (Hong Kong), Rabu, 14 Februari 2024 (Madagaskar, Astana, Beijing, Guangzhou, Shanghai.

Rabu, 14 Februari 2024 (Madagaskar, Astana, Beijing, Guangzhou, Shanghai, Taipei, dan Vanimo.

Shares: