HeadlineKesehatan

Diterpa Hoax Corona, Dirut RSUZA Membantah

Direktur RSUZA  Tantang Warga yang Tidak  Percaya Covid-19
Direktur RSUZA, Banda Aceh, dr Azharuddin

BANDA ACEH (popularitas.com). Direktur Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA), dr Azharuddin membantah ada pasien terjangkit virus corona (COVID-19). Hingga sekarang tidak ada laporan terdapat pasien yang terjangkit virus yang mematikan itu.

Bantahan itu disampaikan menyusul beredar kabar ada pasien yang dirujuk ke RSUZA karena terjangkit COVID-19 di media sosial. Dia memastikan itu merupakan informasi hoax, sebab bila ada pasien terindikasi suspek COVID-19 segera mendapat laporan.

“(Itu) hoak, sebab, jika ada hal tersebut,  segera mendapatkan laporan,” kata Azharuddin, Selasa (3/3/2020) di Banda Aceh.

Menurutnya, penanganan pasien supsek COVID-19 memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang harus dijalani. Hingga sekarang, Azharuddin tegaskan belum mendapatkan kabar tersebut.

Sementara itu Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, Dr dr Safrizal Rahman, M.Kes, Sp.OT meminta seluruh masyarakat Aceh untuk tenang. Pihaknya akan bekerja keras mengawal dan mengawasi penyebaran COVID-19 di Serambi Makah.

“Masyarakat Aceh diminta tenang, kami akan sekuat tenaga dan kemampuan mengawal dan mengawasi penyebaran COVID-19 di Aceh,” kata Safrizal Rahman.

Safrizal meminta kepada seluruh masyarakat Aceh agar melakukan upaya pencegahan dengan cara meningkatkan kebersihan di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Selalu cuci dengan sabun sedikitnya selama 20 detik.

Disarankan setiap mencuci tangan agar menggunakan hand sanitizer, setidaknya mengandung 60 persen alkohol jika air dan sabun tidak tersedia. Sehingga dengan cuci tangan bisa mencegah tertular virus yang mematikan itu.

Bila pun belum sempat mencuci tangan setelah beraktivitas, atau memegang benda yang tidak dijamin hegenis. Dia menyarankan agar tidak menyentuh mata, hidung dan mulut sendiri dengan tangan yang belum dicuci.

Apabila mengalami gejala seperti flu atau ciri lainnya. Disarankan untuk menggunakan masker medis dan tetap berada di rumah sebelum memeriksa diri ke fasilitas kesehatan. Termasuk hindari banyak beraktivitgas di luar rumah saat metabolism tubuh sedang lemah.

”Tingkatkan daya tahan tubuh dengan istirahat cukup, minum air putih yang cukup, serta mengkonsumsi multivitamin. Hindari bepergian jika tidak diperlukan dan berada dikeramaian,” pintanya.[acl]

Shares: