News

Dorong asas transparansi dan akuntabilitas pemerintahan, Pemkab Abdya raih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

Dorong asas transparansi dan akuntabilitas pemerintahan, Pemkab Abdya raih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik
Pj Bupati Abdya Darmansyah, saat menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023. FOTO : Humas Abdya

POPULARITAS.COM – Darmansyah resmi dilantik sebagai Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) sejak 15 Agustus 2022. Sejak di percaya oleh Mendagri memimpin kabupaten berjuluk Breuh Sigupai itu, banyak inovasi dan perubahan yang telah Ia lakukan. Berkat kepemimpinannya menjaga stabilitas politik, penanganan inflasi, stunting dan lainnya, lelaki yang pernah jadi guru SD itu, dipercaya melanjutkan masa jabatannya untuk kali kedua memimpin daerah tersebut.

Ragam inovasi pelayanan publik dan penyelenggaran pemerintahan dilakukan oleh Darmansyah. Salah satunya adalah mendorong prinsip dan asas transparansi dan keterbukaan informasi bagi masyarakat. Langkah dan upaya tersebut, mendapatkan apresiasi banyak pihak. Hal itu terbukti dengan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023, yang diberikan Komisi Informasi Aceh (KIA) terhadap Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya.

Pj Bupati Abdya Darmansyah, resmi menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dari Ketua KIA Arman Fauzi dalam satu acara yang berlangsung di Banda Aceh, Rabu (6/12/2023).

KIA menilai, Pemkab Aceh Barat Daya memenuhi kualifikasi untuk mendapatkan penghargaan keterbukaan informasi publik tahun 2023. Jika dibandingkan 2022, tahun ini, kabupaten itu peroleh Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) 82,27 atau kategori informatif. 

Sementara ditahun sebelumnya, IKIP Pemkab Aceh Barat Daya kategori kurang informatif. Sehingga terjadi peningkatan dua kategori dari penilaian indeks KIP Aceh untuk kabupaten tersebut.

Acara penyerahan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023, dihadiri sejumlah pimpinan lembaga vertikal dan instansi SKPA, Bawaslu, KIP dan bupati dan walikota ikut hadir dalam acara itu. Kegiatan itu secara resmi dibuka oleh Sekda Aceh Bustami.

Usai menerima penghargaan dari Komisi Informasi Aceh yang diserahkan oleh Ketua Arman Fauzi, Pj Bupati Abdya Darmansyah mengatakan, dirinya memberikan apresiasi terhadap semua jajaran di Pemkab Aceh Barat Daya, terutama Dinas Komunikasi dan Informasi, yang telah bekerja maksimal dalam penyelenggaraan dan memberikan akses keterbukana informasi kepada masyarakat.

Penghargaan ini tentu saja, hasil dari kerja keras dan kolaborasi semua jajaran di Pemkab Abya, sehingga instrumen pemerintahan miliki tanggungjawab atas keterbukaan informasi. Dia menambahkan, sejak ditunjuk sebagai penjabat bupati di daerah tersebut, Ia telah menekankan pentingnya asas transparasi dan akuntabilitas penyelenggaran pemerintahan, salah satunya melalui keterbukaan informasi publik.

“Keterbukaan informasi publik itu amanat undang-undang, sebagai pemimpin di Abdya saya berkewajiban melaksanakannya,” kata Darmansyah.

Ia menambahkan, kehadiran negara wajib dalam semangat keterbukaan informasi publik. Karna itu, asas transparansi dan akuntabilitas harus jadi ruh dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah dan pelayanan publik.

Pemerintah yang transparan, terbuka, dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk berparitipasi dalam pembangunan. Karna itu, dirinya mengucapkan terimakasih atas dukungan masyarakat Aceh Barat Daya Selama ini, demikian Darmansyah.

Shares: