News

Dosen UIN Ar-Raniry menangkan Kompetensi Kepustakawanan Perpusnas

Dosen UIN Ar-Raniry menangkan Kompetensi Kepustakawanan Perpusnas
Zikrayanti, salah satu dosen UIN Ar-Raniry memenangkan kompetensi Kajian Bidang Kepustakawanan Berbasis Kompetisi Tahun 2022. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Dosen dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil memenangkan kompetensi Kajian Bidang Kepustakawanan Berbasis Kompetisi Tahun 2022.

Mereka adalah Zikrayanti SIP MLIS, Nurul Rahmi SIP MA dan Wahyudi Sekedang SIP MA selaku alumni yang saat ini sebagai pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gayo Lues, Aceh.

Adapun judul proposal dosen Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang berhasil lolos adalah “Efektifitas Strategi Pemasaran Layanan Perpustakaan Online di Masa Pandemi: Pengalaman Perpusnas di Masa COVID-19”.

Berdasarkan keterangan salah seorang tim peneliti, Zikrayanti MLIS menjelaskan bahwa dari 44 proposal yang masuk dengan 34 proposal lolos seleksi administrasi, akhirnya Perpustakaan Nasional melalui Dewan Juri menetapkan 11 proposal sebagai pemenang kajian bidang kepustakawanan berbasis kompetisi tahun 2022.

“Dari 44 proposal yang masuk, alhamdulillah terpilih 11 proposal sebagai pemenang kajian bidang kepustakawanan berbasis kompetensi tahun 2022,” kata Zikrayanti dalam keterangan tertulis, Jumat (18/11/2022).

Selanjutnya, kata Zikra penelitian yang berhasil lolos tersebut akan didanai oleh Perpustakaan Nasional dan berhak mendapatkan dana pembinaan sebesar 20 juta rupiah.

Kemudian para pemenang akan melaksanakan lokakarya kepustakawanan dan memaparkan presentasi kajian kepustakawan berbasis kompetensi mulai tanggal 16-18 November 2022.

“Untuk hari ketiga secara virtual kami berkesempatan mempresentasikan proposal yang terpilih sebagai pemenang bersama dengan 2 proposal lainnya,” ungkap Zikrayanti.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Mukhtaruddin MLIS dihubungi secara terpisah mengucapkan selamat kepada dua dosen Prodi Ilmu Perpustakaan yang berhasil lolos sebagai pemenang kompetensi kajian kepustakawanan dari Perpustakaan Nasional RI.

Mukhtar berharap, pada tahun-tahun mendatang lebih banyak lagi dosen prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang mampu bersaing secara nasional.

“Selamat atas percapaian yang berhasil diraih oleh dosen prodi dan juga alumni. Tentu ini sebuah kebanggaan bagi prodi, selain meningkatkan kualitas dosen yang bersangkutan juga akan berdampak terhadap penilaian akreditasi prodi dan institusi,” kata Mukhtar.

Shares: