News

Dua Kabupaten di Aceh Dilanda Banjir

Banjir rob di Aceh Utara. | FOTO: BPBA

BANDA ACEH (popularitas.com) – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan dua kecamatan di kabupaten Aceh Jaya dilanda banjir akibat hujan deras yang menyebabkan sungai meluap dan tersumbatnya saluran parit,  sehingga air masuk ke rumah warga, pada Sabtu 20 Juli 2019 sekira pukul 17.00 WIB.

Dua kecamatan yang dilanda banjir tersebut yaitu Kecamatan Kreung Sabee dan Darul Hikmah. Tinggi banjir bervariasi, dari 20 sampai 70 centimeter.

“Hujan deras dengan intensitas lebat menyebabkan 2 kecamatan terdampak banjir. Belum ada info apakah ada korban jiwa atau tidak,” kata Kepala BPBA Teuku Ahmad Dadek.

Dia juga menyebutkan, hingga kini pihaknya juga belum menerima data terkait masyarakat yang mengungsi akibat banjir tersebut.

“Di kecamatan Krueng Sabee, korban terdampak di desa Dayah Baro sejumlah 17 jiwa. Di kecamatan Darul hikmah, tepatnya di desa Gampong Baro 30 Jiwa. Sementara di Gampong Babah Dua, masih kita data,” sebutnya.

Sementara itu, di Kabupaten Aceh Utara banjir rob akibat pasang purnama membuat air laut setinggi 20 centimeter menggenangi rumah warga di Gampong Matang Puntong dan Gampong Lhok Puuk, di kecamatan Seunuddon.

Kejadian itu terjadi pukul 16.00 WIB petang. Berdasarkan informasi BPBA, belum terindikasi adanya kerusakan rumah warga.

“Hanya saja, air menggenangi pekarangan rumah warga dan badan jalan di dua gampong tersebut,” ujar Kepala BPBA Teuku Ahmad Dadek. (ASM)

Shares: