News

Dubes India Kunjungi Kadin Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Duta Besar India untuk Indonesia, HE Mr Pradeep Kumar Riwat ingin meningkatkan kerjasama antara pengusaha India dengan pengusaha di Aceh. Hal ini disampaikan Mr Pradeep saat mengunjungi kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh di Banda Aceh, Senin, 5 Agustus 2019.

Kedatangan rombongan Dubes India ini langsung mendapat sambutan dari Ketua Kadin Aceh, Makmur Budiman dan seluruh pengurus organisasi pengusaha tersebut.

Mr Pradeep dalam kunjungannya turut mengundang pengurus Kadin Aceh untuk berkunjung ke India guna bertemu Kadin negaranya.

Dubes Pradeep juga menerangkan, ada sejumlah agenda penting yang ingin dilakukan pihaknya, terkait dengan upaya kerjasama dengan pengusaha Aceh, terutama bidang pertanian, perkebunan, infrastruktur dan ekspor material.

Sementara itu, Ketua Kadin Aceh, Makmur Budiman, menyambut baik tawaran kerjasama dari Dubes India tersebut. Dan untuk itu, dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan pengusaha dari negara tersebut, guna menjajaki beberapa peluang yang dapat dikerjasamakan antara kedua belah pihak.

Dalam kunjungan Kadin Aceh ke Nicobar dan Andaman nanti, kata Makmur, pihaknya akan mempersiapkan MoU kerjasama dengan organisasi pengusaha disana.

Selain itu juga, lanjut Makmur, nantinya pihaknya akan membuka atase Kadin di Nicobar dan Andaman dalam rangka percepatan pemasaran barang IKM dan UMKM di negara tersebut.

Terkait dengan keseriusan India untuk meningkatkan kerjasama di bidang pariwisata, pendidikan, agriculture, dan infrastruktur, pihaknya sangat menyambut baik, dan siap memberikan dukungan agar kerjasama itu dapat diwujudkan.

Pihak Kadin Aceh juga menyambut baik rencana India yang akan membangun Rumah Sakit International di Sabang, dan hal tersebut menjadi penting bagi transfer ilmu kedokteran dari India bagi para tenaga medis di provinsi ini.

Keberadaan RS tersebut, kata Makmur, diharapkan pihaknya akan menjadi sarana transfer knowledge, atau alih ilmu dari para dokter di India terhadap para tenaga medis dari Aceh. Selain itu juga, sambung Makmur, keberadaan rumah sakit international itu dapat menjadi alternatif bagi warga provinsi ini yang selama ini sering berobat ke Penang dan Malaysia.

“Kadin Aceh sangat mendukung India bangun RS International di Sabang,” pungkasnya. (SKY)

Shares: